Cara Menjadi Programer yang Profesional

Banyak yang bertanya bagaimana seh menjadi programmer itu? Untuk para mahasiswa IT (khususnya komputer) tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tetapi untuk kamu yang bukan mahasiswa IT mungkin sedkit bingung alias belum kebayang. Apakah sejenis membuat mesin pencari GOOGLE atau membuat game-game yang banyak dimainkan di sosial media seperti Facebook.

Menjadi Programmer tidak lah jauh dengan tekonologi informasi. Teknologi Informasi saat ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Seperti mencari data-data untuk tugas sekolah, mencari informasi tentang apapun, bahkan mencari tempat yang indah jika kita ingin travelling atau jalan-jalan.

Pixabay

Pasti asyik bukan?
Nah, untuk kamu yang bukan mahasiswa komputerpun bisa menjadi seorang programer yang profesional. Caranya?
Nanti dulu sebelum saya memberikan tip-tips cara menjadi prograer yang profesional, sayang akan singgung sedikit apa seh yang dimaksud profesional itu?
Seseorang bisa dikatakan profesional apabila orang itu menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peratuan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan sesuai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. (Wiki).

Intinya Profesional adalah terkait dengan pendapatan, tidak hanya terkait dengan keahlian.

Jadi kamu yang tertarik dengan program dan mau belajar pun bisa menjadi programer yang profesional dengan melamar pekerjaan atau ikut organisasi dengan cara mendemokan hasil karyamu.
Agar kamu makin penasaran kita intip yuk berapa seh gaji seorang programer?
Menurut versi JOBsDP, gaji seorang programer pemula adalah Rp.3.000.000; (Tiga juta rupiah), menarik bukan?
Bagi kamu yang suka ngegame daripada ngegame terus mending bikin game, jadi kamu tidak hanya sebagai pengguna yang menghasiskan waktu berjam-jam untuk ngegame mending sekali-kali kamu bikin game, pasti tambah seru.
Penasaran gaji untuk orang-orang yang berkeipung di dalam industri game. Ayuk kita intip dari http://www.gamecareerguide.com/ gaji untuk seorang programer game dimana tugas kamu  adalah mengerjakan koding gamenya, disini kamu bertanggung jawab untuk memastikan gamenya berjalan lancara sesuai dengan konsep yang telah dibuat atau tidak.
Nah rata-rata gaji untuk seorang programer game yang sudah profesional perbulan yaitu :
Rp53.581.508,33. Wow angka yang besar bukan?

Setelah mengetahui angka-angka itu kamu jangan berpikir akan sangat mudah, perlu belajar extra keras dan tentu akan sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Kamu tidak perlu menjadi Mark Zukerberg pendiri Facebook karena Facebook karena Facebook sudah ada yang punya. Tapi kamu mempunyai kesempatan untuk membat sesuatu yang lebih indah dan hebat.

Berikut beberapa tips yang saya ambil dari para programer profesional,

Cari Referensi
Carilah referensi tentang bahasa-bahasa program dan carilah  mana yang paling menarik dan  yang kamu sukai, setelah itu download-lah aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan.
Dengan cara langsung praktek seperti ini maka akan lebih mengasikkan.

Harus suka komputer dulu, baru ilmu itu akan masuk
Kalau kamu tidak suka komputer bagaimana ilmu itu akan masuk, yang ada setelah kamu buka komputer dan lihat kode-kode program gitu kamu langsung nguap terus tidur. Dan yang paling parah karena kamu memaksa diri maka rambut kamu akan rontok karena pusing dan stres. hehe

Belajar Bertahap
Kenapa belajar bertahap? Belajarlah secara bertahap dan dari awal akan memudahkan kamu untuk mengerti dan paham bagaimana logika bahasa program itu, kalau kamu langsung melihat buku-buku dengan bahasa program yang rumit pasti kepala kamu langsung cenut-cenut, tidak hanya itu kamu pun pasti akan pusing dibuatnya. Belajarlah dari dasar dan jangan melalui cara instan misal kamu mencari kode di mbah google terus kode-kode itu kamu copy terus kamu paste maka yang ada pasti error karena banyak kode yang tidak sesuai dengan apa yang kamu konsep duluan.
Ibarat rumah, program pun juga demikian. Sebelum membuat rumah pasti seorang tukang pembuat rumah pasti membuat pondasi dulu. Diatur mana ruang tamu, kamar tidur, ruang tengah, dapur, dll juga harus jelas. Sama seperti program misalkan program untuk aplikasi web pasti jelas mana halaman untuk seorang user atau pengguna dan halaman untuk admin atau penyusun.

Jangan berharap instan
Jangan berharap instan ini sangat penting bagi seorang programer, dan ini penyakit kronis bagi seorang programer pemula. Sebagai programer atau orang-orang yang ingin menjadi programer tidak mau susah payah belajar dari awal. Belum apa-apa suda pengen membuat game farmville lalu buka thread “Gimana caranya?” harus sabar tidak bisa langsung instan. Ingat sebelum anak kecil itu bisa berlari, anak kecil itu harus belajar merangkak dulu. Jatuh bangun itu hal yang biasa, setelah bisa berlari baru bisa merasakan mudahnya merangkak.

Penguasaan Dasar-Dasar Program
Penguasaan dasar-dasar pemrograman dan bahasa yang kamu pilih aka memiliki peranan penting dalam analisa masalah dan menentukan program apa yang akan kamu bikin. Klau kamu tidak punya dasar-dasar yang kuat kamu tidak akan bisa menganalisa sebuah masalah dan memikirkan solusinya. Ini seperti orang yang menyelam tanpa belajar beranang minimal tidak tahu teknik-teknik mengambil napas di dlam air. Kalau sudah begitu matilah kita.

Harus SABAR. Belajar itu butuh waktu
Ingat cerita tentang seorang ahli matematika Aljabr, orang yang menemukan Aljabar Matematika. Karena kepintarannya pada ilmu matematika dia diundang oleh seorang raja yang ingin belajar tentang aljabar itu. Setelah dijelaskan  panjang lebar lama-kelamaan sang raja itu mulai pusing, dan sang raja bertanya “Adakah cara yang paling cepat untuk belajar aljabar?” sang ahli matematika menjawab tidak ada cara cepat untuk belajar aljabar meskipun engkau seorang rahja.
Nah, raja saja tidak bisa  cepat apalagi kamu, makanya harus sabar. Yang sabar nanti disayang Tuhan.
Meskipun ada banyak buku yang mempunyai judul-judul menarik seperti “Mahir pemrograman dalam 24 jam” itu hanya sekedar taktik marketing aja agar pembacanya penasaran terus membelinya, kalau tidak percaya coba beli saja. Selama saya kuliah di Teknik Informatika dan belajar program saya belum pernah bertemu bahkan dosen saya pun tidak ada yang mahir pemrograman dalam waktu 24 jam.
Satu lagi, saya mengambil cerita dari Andrew Koening, seorang ahli pemrograman bahasa C++ dia menulis buku berjudul “Accelerated C++”. Buku itu hanya setebal kurang dari 200 halaman. Kamu tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar C++ di Harvard University? Yang berdasarkan rangking dunia Harvard University adalah universitas terbaik di dunia, pastilah yang kuliah disitu adlah orang yang cerdas dan terbaik.
6 bulan atau 1 semester waktu yang dibutuhkan hanya untuk belajar dasar-dasar bahasa C++. Setelah selesai belajar dasar-dasar C++ belum menjadi programer.

Teruslah berlatih
Kata KH Mustofa Bisri (Gus Mus), cara suapaya cepat menguasai ilmu adalah dengan habiskan waktu sebanyak-benyaknya untuk belajar.
Dengan semakin banyak kamu belajar kamu juga akan semakin mahir menjadi seorang programer.

Pelajari Bahasa Inggris
Saya tanya? Adakah aplikasi-aplikasi program atau bahasa program yang menggunakan bahasa Indonesia? Pasti kamu jawab tidak. Karena walaupun yang membuat orang Indonesia tulen pasti mereka menggunakan bahasa inggris. Karena sudah sepakat bahasa Inggris ittu menjadi bahasa internasional. Da bahasa ingris juga kau butuhkan untuk membaca kode, lisensi dan lain-lain. Intinya bahasa inggris itu sangat penting, jadi kalau kamu tidak bisa belajar bahasa inggris, mending lupakan cita-cita kamu untuk menjadi seorang programer profesional.

Selain tips di atas saya juga akan tuliskan “6 ways to become a programmer” yang saya terjemahkan dari wikihow.

Menjadi seorang programmer adalah proses kumulatif yang terbentuk dari keterampilan kamu demi hari dan tahun demi tahun, dan pemrograman bisa menyenangkan dan bermanfaat (mental, spiritual dan finansial). Panduan ini tidak menjanjikan untuk memberikan cara mudah untuk menjadi ajaib programmer, dan urutan langkah-langkah ini tidak sakral, tetapi Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana untuk menjadi seorang programmer di salah satu bidang pemrograman modern.

Langkah pertama
Pelajarilah disiplin ilmu berikut :

Logika

Ilmu logika adalah ilmu yang mempelajari kecakapan secara lurus, tepat dan teratur. Nah ilmu ini penting untuk kamu kuasai, logika dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yanng ada begitu juga dengan masalah program.

Matematika diskrit

Matematika diskrit adalah cabang matematika yang mempelajari sesuatu yang bersifat diskrit. Diskrit disini artinya tidak saling berhubungan (lawan dari kontinyu). Beberapa hal yang dibahas dalam matematika ini adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi, rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskrit merupakan mata kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.

Langkah Kedua

Pelajari konsep database seperti tabel, pandangan / query dan prosedur. Kamu dapat menggunakan paket database sederhana untuk melakukan hal ini, seperti:

  • MS Access
  • DB V
  • Fox Pro
  • Paradox
  • MySQL
  • MySQL adalah database yang baik untuk belajar karena gratis, yang umum digunakan, dan database biasanya diakses dengan query SQL

Langkah Ketiga

Tentukan apa jenis programmer kamu inginkan. Programmer umumnya jatuh di bawah salah satu kategori berikut:

  • Web programmer
  • Programmer aplikasi Desktop
  • Sistem operasi (OS) yang berorientasi programmer (terkait dengan sistem operasi tunggal atau serangkaian sistem operasi)
  • Programmer platform-independen
  • Distributed programmer aplikasi
  • Library / Platform / framework / programmer inti
  • Programmer sistem
  • programmer kernel
  • driver programmer
  • programmer compiler
  • Program scientist

Langkah keempat

Pelajari teknologi dan bahasa pemrograman yang terkait dengan bidang pemrograman pilihan kamu. Bagian berikut memecah tugas untuk berbagai jenis pemrograman. Saya berikan contoh gambaran untuk web programer dan programer aplikasi dekstop, lainya bisa kamu cari sendiri dan tentunya banyak di internet.

Untuk web programer apa saja seh yang dibutuhkan?
Aplikasi Web adalah komponen software yang dirancang untuk bekerja di atas arsitektur internet. Ini berarti bahwa aplikasi yang diakses melalui web software browser seperti Firefox atau Internet Explorer. Menjadi arsitektur internet tidak selalu memerlukan koneksi aktif ke internet. Ini berarti bahwa aplikasi Web dibangun di atas teknologi web standar seperti:

  • HTTP
  • FTP
  • POP3
  • SMTP
  • TCP
  • protokol IP
  • HTML
  • XML
  • ColdFusion
  • ASP
  • JSP
  • PHP
  • ASP.NET

Telusuri situs-situs yang berbeda untuk belajar tentang bagaimana mereka biasanya mencari. (Klik kanan, lalu klik View Source atau tekan F12.) Carilah keragaman jenis / isi website, bukan kuantitas situs yang dikunjungi. Umumnya, kamu akan perlu untuk mengunjungi setidaknya satu dari masing-masing jenis situs berikut:

  • Situs kehadiran perusahaan (perusahaan komersial, tidak-untuk-keuntungan perusahaan / organisasi, organisasi pemerintah)
  • Mesin web pengindeksan (mesin pencari, situs pencarian meta, mesin pencari khusus, direktori)
  • Situs Data mining
  • situs pribadi
  • Informational / halaman ensiklopedis (wiki, lembar data, spesifikasi teknis, dan manual daftar direktori, blog dan jurnal, berita dan situs kantor berita, halaman kuning, dll)
  • Situs sosial (portal sosial, situs bookmark, situs mencatat)
  • Situs kolaboratif (termasuk kategori lain yang disebutkan di atas, seperti wiki dan blog)

Pelajari dasar-dasar infrastruktur internet. Ini termasuk mendapatkan ide dasar tentang:

  • Protokol layanan dasar Web (HTTP, FTP, SMTP, dan POP3 atau IMAP4)
  • Perangkat lunak server web (sebaiknya, satu untuk platform kamu akan bekerja pada kebanyakan)
  • Web perangkat lunak browsing.
  • Server email dan perangkat lunak klien

Pelajari bahasa HTML dan CSS. Kamu juga mungkin ingin mendapatkan “Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan” dan software untuk mengedit HTML.

Membiasakan diri dengan klien-side scripting bahasa yang kamu pelajari. Cobalah untuk mencapai potensi kamu hanya menggunakan bahasa tersebut. Hanya pelajari lebih lanjut ke langkah berikutnya setelah kamu akrab dengan bahasa scripting client-side kamu.

Pelajari setidaknya satu bahasa pemrograman server-side. Jika kamu memilih untuk membatasi diri untuk satu perangkat lunak server, belajar salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh perangkat lunak tersebut. Jika tidak, belajar paling tidak satu bahasa pemrograman pada setiap perangkat lunak server.

Buatlah proyek percontohan untuk diri sendiri setelah kamu selesai belajar bahasa pemrograman server-side.

Dapatkan website kamu sendiri dan mulai bereksperimen online dalam halaman kamu sendiri.

Programmer aplikasi Desktop

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pemrograman aplikasi desktop? Kebanyakan programmer desktop yang menulis kode untuk solusi bisnis, sehingga mendapatkan ide tentang bisnis, struktur organisasi dan keuangan mereka akan menjadi sangat hemat waktu.

Pelajari tentang arsitektur hardware komputer yang berbeda. Kursus tingkat dasar dalam desain sirkuit digital dan satu lagi di arsitektur komputer pengguna;

Ambil kursus pengantar dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural. Tidak peduli apa bahasa yang kamu pilih kemudian menjadi bahasa pilihan kamu, itu akan memerlukan pemrograman prosedural pada tingkat tertentu. Juga, pemrograman prosedural dilaporkan oleh sebagian besar programmer untuk menjadi yang paling mudah untuk digunakan sebagai titik awal untuk mendapatkan ide pemrograman pada umumnya.

Mulailah menulis beberapa konsol atau konsol seperti aplikasi kecil. Kamu dapat menggunakan latihan kecil umum dalam buku bahasa pemrograman. Untuk itu, pilihlah alat untuk menulis program dalam bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan.

Setelah kamu bisa coba lah membuat aplikasi kecil lagi dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Coba bandingkan kedua bahasa pemrograman yang kamu pelajari sejauh ini. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan masing-masing. Caranya dari mengambil sampel sederhana karya awal kamu dalam bahasa pemrograman pertama dan menulis ulang dengan menggunakan bahasa pemrograman kedua.

Membuat proyek baru dan mencoba mengimplementasikannya menggunakan kedua bahasa. Kadang-kadang, tergantung pada pilihan proyek dan bahasa kamu, mungkin tidak dapat untuk melaksanakan proyek tersebut dalam salah satu bahasa. Menulis cheat-sheet atau perbandingan ringkasan-meja di antara konstruksi serupa pada kedua bahasa dan fitur unik untuk masing-masing bahasa.

Cobalah mencari cara untuk meniru fitur yang unik untuk salah satu dari dua bahasa dengan menggunakan bahasa lain.

Pelajari konsep pemrograman visual menggunakan salah satu bahasa yang kamu pelajari. Hampir semua bahasa pemrograman memiliki versi / perpustakaan yang mendukung pemrograman visual dan lain-lain yang mendukung konsol atau pemrograman konsol seperti. Hal ini dapat dilakukan dengan mendapatkan pengantar pemrograman event-driven.

Kebanyakan pemrograman visual bergantung pada tingkat tertentu pada peristiwa dan kejadian penanganan (menggunakan bahasa pemrograman yang kamu pilih).
Coba sebanyak perangkat lunak desktop yang kamu bisa dan mengerti apa yang perangkat lunaknya. Sebagian besar perusahaan pengembangan perangkat lunak menawarkan versi beta-testing produk mereka yang dapat kamu gunakan untuk menguji perangkat lunak. Tetap up-to-date pada kemajuan antarmuka pengguna.

Membaca juga beberapa artikel atau tutorial pada antarmuka pengguna grafis.

Mulailah menerapkan pengetahuan kamu pada proyek-proyek software kecil desain kamu. Cobalah untuk menerapkan keahlian pemrograman kamu pada masalah yang kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menulis program yang mengubah nama file dalam massa, membandingkan file teks visual, salinan nama-nama file dalam direktori untuk memori / file teks, dan hal-hal seperti itu. Keep it simple pada awalnya.

Buat proyek kelulusan virtual. Lengkapi ini sampai akhir, menerapkan teknik pemrograman visual yang kamu pelajari sejauh ini.

Memperluas pemahaman kamu tentang visual framework / library / paket yang kamu pelajari sebelumnya dengan mengambil kursus lanjutan, perhatian ekstra terhadap detail dan belajar lebih banyak tips dan trik untuk kerangka kerja kamu dari sumber daya online.

Selain dari ulasan kecil diatas kamu juga bisa temukan banyak tips jitu dari programer-programer profesional yang lain. Ada banyak sekali tutorial-tutorial gratis yang bisa kamu dapatkan salah satunya di WikiHow, youtube, dan basih banyak lagi.

Pesan dari saya, bulatkan tekad, pantang menyerah, belajarlah sampai berhasil kalau kamu ingin menjadi seorang programer profesional.

Demikianlah semoga bermanfaat. Tetap semangat dan semoga sukses..

Sumber : nilni.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *