Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Menghapus file secara tak disengaja kadang terjadi. Entah itu gara-gara tak sengaja menekan tombol delete atau bisa juga karena salah pilih file untuk dihapus.

Mungkin bisa dibilang bahwa sebagian di antara kita pernah mengalaminya. Apakah itu termasuk Anda? Mudah-mudahan saja tidak.

Sebetulnya file yang terhapus itu bisa kembali dipulihkan atau dimunculkan. Ya, tentu saja bisa, asal tahu caranya. Untuk itu, berikut tim Jurnalis kabarglobal.com sajikan artikel mengenai cara mengembalikan kembali file yang terhapus di komputer.

1. Periksa recycle bin

Kadang-kadang, orang tidak menyadari bahwa ada dua cara menghapus file, yaitu menghapus secara permanen dan menghapusnya untuk sementara atau lebih tepatnya ‘membuang’ file tersebut ke tempat sampah.

Jika Anda tak sengaja menghapus file, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa recycle bin. Sebab, bisa saja file tersebut tidak terhapus secara permanen, melainkan ada di recycle bin.

Jika ada, klik kanan di file tersebut, lalu pilih restore. Voila! File tersebut akan kembali muncul.

2. Restore previous versions

Jika langkah sebelumnya tidak membantu, Anda dapat membuka folder, di mana file tersebut awalnya berada. Klik kanan pada folder tersebut, dan, jika tersedia, pilih opsi “Restore previous versions”.

Dengan begitu, Anda dapat membawa kembali isi folder tersebut dari tanggal sebelum file itu terhapus.

3. Menggunakan backup file

Jika Anda secara teratur membuat cadangan hard drive, atau setidaknya libraries Anda, file tersebut mungkin saja diamankan di sana.

Maka, langkah selanjutnya Anda tinggal memulihkan file tersebut. Namun jika ternyata Anda tidak memiliki backup file, sudah waktunya bagi Anda untuk menjadikannya sebagai kebiasaan sekadar untuk antisipasi di masa mendatang.

4. Mencoba program file recovery

Cara ini merupakan yang terakhir, jika tiga cara sebelumnya tidak berhasil. Saat ini ada beberapa program file recovery. Program ini pada umumnya sangat mudah digunakan, dan yang paling menarik, program ini banyak tersedia secara gratis.

Kemudian, sebagian program ini juga bersifat portabel. Artinya Anda tidak perlu melakukan instalasi di komputer Anda untuk menggunakannya.

Anda dapat mengunduh program ini di komputer lain, dan menyimpannya di flashdisk. Lalu jalankan program ini dari flashdisk Anda di komputer, di mana file yang tidak sengaja terhapus ingin Anda pulihkan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *