Cara Mengatasi Virus Shortcut pada Komputer, Harddisk, dan Flash Drive

BY DITA SARI MUGI UTAMI

Salah satu jenis virus yang paling menyebalkan dan banyak ditemui oleh user adalah virus shortcut. Virus shortcut banyak menyerang perangkat keras komputer yang memiliki kapasitas sebagai storage drive, seperti harddisk dan juga flash drive. Biasanya virus ini paling mudah menular, dan banyak muncul pada flash drive USB.

Virus shortcut sendiri pada dasarnya bisa digolongkan ke dalam jenis virus yang berjenis Directory virus. Hal ini disebabkan karena virus shortcut merupakan salah satu jenis virus yang memang menginfeksi direktori dari file di komputer dan juga storage device anda, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada direktori anda.

Pada dasarnya virus shortvut merupakan jenis virus yang tidak terlalu bahaya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa virus shortcut termasuk ke dalam virus yang tidak terlalu berbahaya:

  • Tidak membuat file dan data menjadi corrupt.
  • Hanya ditujukan untuk membuat kepanikan pada user.
  • Pada dasarnya sangat mudah dan juga simple untuk diatasi dan dibasmi.

Yang merupakan inti pokok dari virus shortcut ini adalah membuat usernya menjadi panik, sehingga mungkin secara sadar atau tidak sadar user langsung melakukan proses formatting pada storage device, dan bahkan membeli storage devices baru yang harganya terbilang cukup mahal.

Berikut langkah – langkah menghilangkan virus shortcut pada storage drive :

1. MULAI DENGAN PROSES UNHIDDEN FILES

Proses unhidden files bisa anda lakukan dengan menggunakan menu dari windows. Hal ini bertujuan untuk memastikan, apakah storage device anda memang benar-benar terinfeksi virus. Berikut ini caranya:

  1. Buka control panel pada windows anda. Menu control panel bisa anda akses dari menu Start.
  2. Setelah itu pilih folder options, lalu masuk ke dalam tab View.
  3. Pada tab View, cari bagian Hidden Files and folders, lalu pastikan option yang terpilih adalah “Show Hidden files, folder anda drives”.
  4. Lalu klik OK.

Dengan menggunakan cara ini, maka seharusnya file yang terhidden akan muncul. Tetapi apabila masih tidak muncul juga, maka dapat dipastikan bahwa storage device anda sudah terserang virus shortcut.

2. LAKUKAN PROSES REMOVE ATTRIBUTE PADA STORAGE DEVICE

  1. Pilih Command Prompt dari start menu.
  2. Setelah muncul window command prompt, silahkan anda ketikkan drive letter dari drive storage anda yang bermasalah. Contohnya adalah drive D, maka ketikkan saja D: lalu tekan enter.
  3. Setelah command prompt sudah menampilkan drive D, maka anda bisa melakukan penghapusan attribute.

Cara menghapus attribute adalah tuliskan command ini pada window command prompt:

  • Attrib –s –h –r /s /d
  • Lalu tekan Enter

Keterangan :

  • -s; merupakan command untuk menghilangkan atribut file shortcut.
  • -h; untuk menghilankan atribut hidden files.
  • -r; untuk menghilangkan atribut read-only.

Setelah melakukan ini, seharusnya file dan juga data anda yang terhidden dan juga menjadi shortcut karena virus sudah muncul kembali dan bisa digunakan dengan sediakala. Akan tetapi, perlu diingat untuk langkah ini hanya berfungsi untuk menghilangkan atribut saja, dan bukan menghilangkan virus penyebab gangguan pada storage device anda.

3. SAATNYA MENGHAPUS VIRUS DARI STORAGE DEVICE

Setelah masalah file dan data yang terhidden dan berubah menjadi shortcut, maka saatnya kita membuang virus dari storage device anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan anti virus :

Biasanya antivirus sudah bisa melakukan pendeketsian, jadi anda bisa melakukan proses scanning biasa pada drive anda, ketika terdeteksi virus maka akan dilakukan pembersihan secara otomatis.

Secara Manual :

Terkadang beberapa antivirus masih tidak bisa mendeteksi virus tersebut, maka kita harus menghapus file yang ‘aneh’ yang ada di storage device anda. Anda cukup mencari file di dalam storage device anda yang memiliki ekstensi file .ink. Apabila menemukannya, maka anda bisa langsung menghapusnya.

Mencegah Virus Shortcut tidak kembali

Setelah storage devices anda sudah berhasil bersih dari virus shortcut, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar virus tersebut tidak kembali lagi. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan guna mencegah agar virus shortcut tidak menyerang storage drive anda kembali:

  • Selalu lakukan scanning ketika akan menghubungkan perangkat storage device anda ke dalam komputer.
  • Scanning juga harus dilakukan ketika ada storage devices yang belum pernah dihubungkan ke dalam komputer kita.
  • Selalu lakukan update pada software antivirus anda.
  • Lakukan proses backup data dan juga file penting dari storage devices anda.
  • Anda juga bisa menggunakan fitur cluod storage, yaitu penyimpanan data di website dan aplikasi online, seperti dropbox, google drive, dan juga one cloud.
  • Selalu berhati – hati apabila harus menghubungkan storage deveice anda, terutama yang portable, seperti flash drive dan juga harddisk eksternal pada komputer asing, dan multi user, seperti komputer pada warnet dan juga rental komputer.

Demikian artikel tentang cara mengatasi virus shortcut pada computer / laptop anda, sangat sederhana sebenarnya tapi masih banyak orang yang belum melakukannya. Semoga dengan artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba.

Comments

comments

Muhammad Iqbal Hanafri

I just a simple person who want to learn many things. I used my time to improve skills and also make it used to my environtment. If you want to share with me, I am opened. You can email me at miqbalhanafri@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *