Cara Mencegah dan Membasmi Kutu Rambut Pada Anak

Kutu rambut sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat dari orang ke orang, terutama dalam lingkungan yang berkelompok, seperti sekolah, pusat penitipan anak, kegiatan olahraga, dan perkemahan. Yang menyebalkan, cara menghilangkan kutu rambut juga tidak mudah. Meskipun kutu tidak bisa terbang atau melompat, parasit kecil tersebut memiliki cakar yang membiarkan mereka merangkak dan melekat kuat pada rambut. Kutu terutama menyebar melalui kontak kepala ke kepala, namun kontak dengan pakaian, seprei, sisir, dan topi juga dapat membuat rambut dihinggapi kutu.

Dalam hal ini, anak-anak adalah yang paling rentan terkena kutu rambut karena mereka cenderung memiliki kontak fisik dekat satu sama lain dan saling berbagi barang pribadi. Oleh karena itu, para orangtua harus waspada dengan kondisi kesehatan rambut anak dengan cara menghilangkan kutu rambut jika anak telah tertular dan mencegahnya untuk kembali lagi.

Cara menghilangkan kutu rambut

Anda akan mendengar banyak rekomendasi yang bertentangan jika berurusan dengan kutu rambut. Bahkan sumber-sumber kesehatan resmi seperti instansi pemerintah dan asosiasi dokter memiliki opini yang berbeda. Selain itu, teman-teman, kerabat, dan sumber-sumber online menawarkan segala macam pengobatan rumah dan obat-obatan alternatif. Berikut ini adalah beberapa pilihan cara mengatasi kutu yang direkomendasikan oleh dokter, ahli kutu, dan orangtua:

1. Menggabungkan sisir rambut dan obat kutu

Banyak orangtua yang melakukan pendekatan ini. Hal yang perlu disiapkan adalah obat apotek untuk kutu rambut dan sisir serit (sisir yang memiliki bentuk yang sangat rapat antara geriginya dan biasa digunakan untuk mengangkat kutu). Setelah itu, terapkan obat pada rambut dan sisir rambut anak Anda dengan menggunakan serit dari akar rambut hingga ujung rambut.

2. Menggunakan obat bebas untuk kutu

American Academy of Pediatrics (AAP) pada tahun 2010 melaporkan bahwa cara menghilangkan kutu rambut yang paling efektif adalah dengan menggunakan pediculicide (zat pembunuh kutu rambut). Biasanya zat ini terdapat pada krim bilas, sampo, gel, mousse, atau produk rambut lainnya. AAP menyarankan untuk menggunakannya sesuai instruksi produk dan menggunakannya kembali pada hari kesembilan untuk menangkap setiap kutu yang mungkin telah menetas.

3. Menggunakan sisir kutu (serit)

National Pediculosis Association adalah salah satu kelompok yang mendukung cara mengusir kutu dengan menyisir rambut menggunakan serit dibandingkan dengan menggunakan pediculicide . Kelompok ini tidak mengesampingkan zat tersebut sepenuhnya, namun memperingatkan bahwa zat tersebut adalah pestisida dan berpotensi membahayakan anak-anak.

 4. Menerapkan metode alternatif

Anda dapat menemukan segala bahan alternatif di toko obat, toko bahan makanan, dan toko online. Namun produk-produk ini tidak diatur oleh FDA (Food and Drug Administration) dan tidak ada bukti ilmiah bahwa mereka aman dan efektif (dan beberapa bisa menjadi racun, sehingga Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya pada anak Anda). Pengobatan rumah mulai dari menggunakan hair  dryer bersama minyak zaitun, baby oil , mayones, dan petroleum jelly merupakan hal yang populer, tetapi tidak teruji secara ilmiah.

Cara mencegah anak tertular kutu rambut

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk menyingkirkan kutu rambut dan telur mereka, sekaligus membantu mencegah anak Anda terkena kutu:

  • Mencuci semua sprei dan pakaian yang baru-baru ini dikenakan oleh anak Anda yang terkena kutu rambut menggunakan air panas (54,5 °C), kemudian taruh mereka pada pengering panas selama 20 menit.
  • Taruh seluruh benda bersih dan kering yang tidak bisa dicuci (seperti boneka) pada kantong kedap udara selama tiga hari.
  • Sedot karpet dan seluruh furnitur berlapis kain di rumah atau mobil dengan   vacuum cleaner , kemudian bersihkan kantong kotoran di   vacuum cleaner .
  • Rendam alat-alat perawatan rambut, seperti sisir, jepit rambut, ikatan rambut, ikat kepala, dan kuas di dalam cairan alkohol atau sampo yang mengandung obat selama 1 jam. Anda juga dapat mencucinya dalam air panas.

Karena kutu rambut mudah ditularkan dari orang ke orang, khususnya di dalam rumah, maka seluruh penghuni rumah juga memerlukan pengobatan untuk mencegah kutu datang kembali.

Sebelum menghilangkan kutu pada rambut anak Anda, ada baiknya untuk memeriksa seluruh anggota keluarga dari kutu rambut. Jika ada yang terkena, lakukanlah pengobatan bersama-sama untuk menghindari kembalinya kutu.

Sumber :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *