Cara Membuat Kue Cucur

By : Lina Agustin

Hai sahabat global…

Liburan kemana ni? Udah ada acara? Atau ada yang masih bingung mau kemana? Atau mau buat cemilan tapi gamau ribet? Daripada bingung yuk kepoin tentang artikel ini?

kue cucur, pasti hampir semua sudah kenal donk tentang kue ini. Namun apakah kalian sudah tau tentang cara membuat kue cucur?

Sebelum membahas mengenai cara membuat kue cucur yang manis ini, ada baiknya kita mengetahui Apa itu kue cucur? Kue Cucur atau cucur (dalam bahasa indonesia) atau kuih cucur (dalam bahasa melayu), dan disebut khanom fak bua atau khanom jujun dalam bahasa tailan, adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indinesia, Malaysia dan Thailandselatan.

Di indonesia kue cucur termasuk jajanan tradisional yang dapat ditemui diberbagai pasar, akan tetapi versi populernya adalah versi Betawi dari Jakarta. Di Thailan kue ini sering dihidangkan di festival dan upacara pernikahan.

Berikut saya bagi tipsnya tentang cara membuat kue cucur :

Bahan-bahan yang perlu disediakan dalam membuat kue cucur yaitu :

  1. 125 gr tepung beras
  2. 100 gr terigu protein sedang (segitiga)
  3. 130 gr gula merah
  4. 50 gr gula pasir
  5. 200 ml air
  6. 1 lembar daun pandan
  7. ¼ sdt garam

Langkahnya :

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan, dan garam hingga larut, lalu saring. Biarkan sampe hangat.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukan larutan gula yang telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mikser dengan speed rendah selama 5 menit.

  1. Diam adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Jika adonan terlalu kental bisa tambahkan air sedikit agar konsistensi adonan sedang (tidak encer dan tidak kental).
  2. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cakung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.
  3. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yang sudah panas lalu siram siram atasnya. Ketika sudah mulai terlihat mengembang tusuk dengan lidi atasnya. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.

 

 

cara agar membuat kue cucur berserat dan menarik :

  • Saat menggoreng, gunakan minyak secukupnya saja, jangan terlalu banyak.
  • Saat menuang adonan pastikan minyak sudah panas adar tidak lengket.
  • Gunakan api kecil agar kue cucur berserat bagus dan tipis.

Begitulah cara membuat kue cucur dengan mudah, dan cara membuat kue cucur berserat. Tentunya mudah dan pastinya makanan halal karena buatan sendiri. Sahabat global, cukup disini artikel yang saya sare mengenai cara membuat kue cucur lain kesempatan saya sare cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas kardus dan cara membuat bucket, serta artikel lain yang masih dalam proses pengeditan. Jangan lupa kepoin terus ya gays, jangan sampai terlewatkan, yang pastinya bermanfaat.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Untuk pertanyaan, kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.

 

Sumber artikel : https://cookpad.com/id/resep/3333287-kue-cucur-gula-merah-empuk

Adapun artikel lainnya mengenai buket snack : https://buketsnack.com/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.