Cara Bermain Biola

 

By : Ade Kurniawan

Biola adalah salah satu instrumen yang menyenangkan dan indah untuk dimainkan. Mempelajari biola membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi mahir, namun dengan kesabaran, disiplin, dan semangat yang besar, langkah-langkah ini akan membantu Anda mahir dalam memainkan instrumen yang terkenal ini.

  1. Mengumpulkan Peralatan

         Belilah sebuah biola. Jika ini adalah kali pertama Anda memainkan instrumen ini, tidak perlu menghabiskan              uang banyak untuk membeli sebuah biola, walaupun seperti kebanyakan instrumen, semakin mahal harga                  sebuah biola maka kualitasnya juga semakin bagus. Oleh karena itu, belilah biola dengan harga yang pantas              untuk seorang pemula.

  • Belilah ukuran yang paling besar atau 4/4, jika Anda orang dewasa. Biola adalah instrumen yang kecil, namun ada pula biola-biola yang dirancang khusus dalam ukuran yang lebih kecil. Biasanya ini ditujukan untuk anak-anak yang masih kecil, jadi pastikan biola yang Anda beli berukuran yang paling besar kecuali Anda memiliki tubuh yang sangat kecil. Anda dapat meminta saran dari pelayan toko jika Anda tidak yakin. Anda juga dapat meminta pelayan toko mengukur lengan Anda untuk mengetahui ukuran biola yang pas untuk Anda.
  • Belilah dari penjual yang ternama. Toko-toko musik membangun reputasi mereka dengan menjual alat-alat instrumen yang bebas dari cacat dan kerusakan. Sebagai seorang pemula, Anda tidak akan mampu mengeluarkan bunyi yang merdu ketika memainkan instrumen Anda pada awalnya, sehingga Anda tidak akan melihat adanya kesalahan atau cacat pada biola yang sudah Anda beli sampai ketika Anda sudah cukup mahir memainkannya dan sudah terlalu terlambat untuk komplain kepada penjual. Oleh karena itu, belilah biola hanya di toko musik atau seseorang yang dapat Anda percaya

 

2.  Periksa kelengkapannya. Biola Anda harus terdapat empat senar, sebuah busur/penggesek, dan tas kotak tempat biola yang kokoh serta sebuah penyangga bahu, penyangga dagu, dan damar untuk busur Anda. Biasanya, orang yang menjual biola pada Anda akan dengan senang hati memasang senarnya untuk Anda, ditambah lagi mereka akan memastikan pasak-pasak penyetel biola (pemutar-pemutar berwarna hitam yang ada di kepala, atau bagian atas, biola) terpasang dengan baik pada kepala biola. Kotak yang kokoh sangatlah penting karena biola merupakan instrumen yang rapuh.

  • Untuk senar, dikelompokkan menjadi tiga jenis dasar menurut bahannya: usus binatang, merupakan senar yang mahal dan sulit untuk dirawat, namun menawarkan tingkatan suara yang kompleks; baja, merupakan senar yang berbunyi keras dan nyaring namun dapat terdengar kasar,dan sintetis, merupakan senar yang bunyinya halus, jelas, dan tidak seperti usus yang dapat berubah-ubah. Setiap bahan itu merupakan bahan inti dari sebuah senar yang mana akan dibungkus lagi dengan kawat logam tipis di sekelilingnya. Sebagian besar pemula disarankan memakai senar yang intinya terbuat dari sintetis, seperti nilon.
  • Busurnya pun harus yang baru, atau yang rambutnya baru diganti. Anda dapat memeriksanya dengan melihat rambut busur tersebut (serabut halus yang berwarna putih atau putih krem) dan memastikan warnanya seragam dan cerah dari ujung ke ujung. Rambut busur harus memiliki lebar yang sama dari ujung ke ujung.
    • Rambut busur akan rontok saat dipakai dari waktu ke waktu. Anda dapat mengganti rambut busur Anda dengan biaya yang murah di hampir semua toko musik.

3. Belilah barang-barang lainnya. Hampir semua pemain biola menggunakan penyangga dagu, yaitu bagian yang terbuat dari plastik (biasanya berwarna hitam) yang ergonomis dan murah, dijepit di dekat ekor biola dan dibuat nyaman untuk menyanggah dagu Anda. Di samping itu, pastikan Anda memiliki damar (getah yang dibekukan) untuk busur Anda, penyangga teks musik, dan sebuah buku lagu-lagu atau pelajaran untuk pemula, sebaiknya dalam format nada dasar yang mudah.

  • Beberapa pemain biola, terutama pemula, juga membeli penyangga bahu, yaitu bantalan selebar biola yang dipasang di bawah biola dan diposisikan di atas bahu Anda sehingga membuat biola itu lebih mudah untuk ditahan. Banyak orang memulainya dengan menggunakan penyangga bahu dan pada akhirnya tidak memakainya lagi setelah beberapa tahun. Jika biola tersebut terasa tidak nyaman di bahu Anda saat Anda memainkannya, pertimbangkanlah untuk membelinya.
  • Para pemain biola sering menahan biola di lekukan tangan ketika sedang bermain, dengan ujungnya dijepit di bahu mereka. Bagi mereka, penyangga dagu dan penyangga bahu tidak ada gunanya.

 

4. Kencangkan busur Anda. Setelah Anda menyiapkan penyangga teks musik dan lembaran musik Anda, bukalah kotak biola dan ambil busur Anda. Rambut busur seharusnya dalam keadaan kendur. Kencangkan rambut busur dengan memutar ujung sekrup searah jarum jam sampai jarak antara tongkat dengan rambut cukup lebar untuk dilewati sebuah pensil dengan mudah dari ujung ke ujung.

  • Jangan menggunakan jari kelingking Anda untuk mengukur karena minyak dari kulit Anda akan pindah ke rambut, yang tidak boleh terkena minyak agar mendapatkan suara yang terbaik saat digesekkan ke senar.

5. Gosokkan busur Anda dengan damar. Damar dibagi menjadi dua jenis, gelap dan terang; keduanya baik untuk digunakan, dan sama-sama tidak mahal. Biasanya berbentuk persegi panjang yang keras dan tembus panjang, dikemas dengan kertas atau karton yang terbuka di kedua sisinya. Pegang getah pada bagian bungkusannya dan dengan perlahan tapi kuat gosoklah rambut busur dari atas ke bawah sebanyak tiga atau empat kali. Tujuannya adalah untuk memindahkan sedikit “debu” getah ke rambut, agar membuatnya lebih lengket.

  • Terlalu banyak getah akan menyebabkan busur menggesek senar terlalu baik, menghasilkan suara yang kasar. Jika Anda menggosok busur Anda terlalu banyak, tidak apa-apa; mainkan selama beberapa jam untuk mengembalikannya ke kondisi normal.
  • Jika busur Anda baru diganti dengan rambut yang baru, maka rambut busur itu perlu digosok dengan damar lebih banyak dari yang biasanya. Setelah tiga atau empat kali gosokan damar, cobalah gesekkan rambut busur itu ke senar biola untuk melihat apakah busur itu sudah membuat suara yang jelas. Jika belum, gosokkan kembali dengan damar.

6. Genggamlah busur penggesek Anda. Mulailah dengan perlahan meletakkan bagian tengah jari telunjuk Anda pada pegangan (bagian yang agak empuk di tongkat penggesek, biasanya beberapa sentimeter di atas sekrup pengencang). Letakkan ujung jari kelingking Anda pada bagian yang datar di dekat ujung tongkat penggesek, tahan jari Anda agak melengkung. Bagian tengah dari jari tengah dan jari manis harus dalam keadaan lemas dan sejajar dengan ujung jari kelingking Anda, serta ujung jari tengah dan jari manis Anda berada di samping frog (bagian yang berwarna hitam yang menghubungkan sekrup pengencang dengan rambut busur). Ibu jari Anda harus dalam keadaan lemas di bawah tongkat, di depan frog, dekat atau di atas rambut busur.

  • Tangan Anda harus rileks dan tidak tegang, dan agak melengkung seolah-olah sedang memegang bola kecil. Jangan biarkan telapak tangan Anda dekat atau bersandar pada busur penggesek. Ini akan mengurangi kontrol Anda saat menggerakkan busur, yang mana akan semakin penting seiring bertambahnya kemampuan Anda.

Atur nada biola Anda. Kesampingkan busur Anda sejenak dan keluarkan biola dari kotaknya. Senarnya, secara berurutan nada terendah ke tertinggi, harus disetel menjadi G, D, A, dan E. Anda biasanya dapat membeli alat penyetem elektrik yang berkisar antara harga Rp 180.000,00-Rp 240.000,00, tergantung pada kualitas dan merek. Penyetelan utama dilakukan dengan memutar pasak penyetel yang terdapat di bagian kepala biola, namun jika nadanya sedikit kurang tepat, gunakan pemutar-pemutar kecil yang terbuat dari logam yang ada di dekat ekor biola, yang disebut penyetel halus,untuk menyetel nada dengan lebih tepat. Setelah Anda puas dengan nadanya, taruh kembali biola Anda ke dalam kotak biola yang sedang terbuka tersebut untuk sementara.

  • Cobalah menyetel nada yang benar dengan menggunakan peluit nada, atau Anda boleh mencari berkas suara dari nada tersebut di internet.
  • Tidak semua biola sudah disetel dengan nada yang tepat, namun Anda dapat menyetel nadanya di toko

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.