Bos Desain Google: UI iPhone Lemot & Berantakan!

Jakarta – Banyak orang menyebut bahwa tampilan antarmuka iPhone itu lebih ringan dari Android. Namun tidak demikian bagi VP Design Google Matias Duarte. Menurutnya, tampilan antarmuka iPhone itu tergolong berat dan membebani sistem.

Tampilan ikon aplikasi di iOS disebutnya tak berubah sejak iPhone pertama kali diluncurkan pada Januari 2007 oleh Steve Jobs. Ia juga menyebut kalau penyusunan ikon tersebut berantakan dan Duarte mengaku sangat ‘gatal’ untuk menyusunnya berdasarkan warna ikon.

Soal antarmuka ponsel dan tablet yang banyak digunakan, dikatakannya, sulit dipercaya kalau solusi yang sudah digunakan selama 30 tahun ke belakang di desktop PC masih jadi pilihan terbaik untuk para konsumen hingga saat ini.

Namun lain masalahnya dengan perangkat wearable, dalam hal ini Android Wear. Terbatasnya ukuran layar membuat tak ada solusi yang pasti untuk tampilan antarmuka Android Wear.

“Saya tak tahu apakah Android Wear saat ini sudah mendapatkan solusi yang tepat. Kami hanya mencoba-coba (desain) mana yang sukses. Itulah yang dinamakan dengan desain,” ujar Duarte.

Duarte adalah orang yang bertanggung jawab di balik perubahan desain di Android 5.0. Perubahan desain itu bernama Material Design, yang merupakan perubahan besar-besaran pertama yang dikerjakan oleh Duarte untuk Android.

Kini ia mengerjakan desain tampilan antarmuka Android Wear, yang desainnya akan menjauh dari tampilan ikon berjajar layaknya app drawer pada umumnya, demikian dikutitp detikINET dari Phone Arena, Rabu (30/12/2015).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *