Bisakah Kamera Mirrorless Dipasangi Lensa Manual?

Konsultan: Enche Tjin – detikinet
Senin, 21/12/2015 15:03 WIB
Bisakah Kamera Mirrorless Dipasangi Lensa Manual?Keterangan gambar Atas: kamera DSLR, bawah: kamera mirrorless
JakartaSaya mau tanya om, kalau mirrorless menggunakan lensa manual, apakah memerlukan adapter? Apa hanya beberapa lensa manual saja yang bisa digunakan pada mirrorless? Kalau bisa semua lensa manual berarti keren dong mirrorless, bisa menghidupkan kejayaan lagi lensa-lensa manual? (Abdul Rozak)

Jawaban:

Lensa manual/lensa lama, sebagian besar bisa dipasang di kamera mirrorless, tapi kalau mau dipasang dan digunakan di kamera mirrorless perlu ada adapter, dan hanya bisa dipakai di mode M, lalu fokusnya juga manual. Pastikan di lensa ada pengaturan bukaan/diafragma karena tidak bisa diganti di kamera.

Menggunakan lensa manual sangat populer dengan kamera mirrorless sangat populer saat ini karena sebagian besar fotografer zaman dahulu sudah memilikinya dan juga jika ingin membeli lensa bekasnya jauh lebih terjangkau daripada lensa baru.

Ada dua alasan kenapa banyak pemakai mirrorless yang pasang lensa manual : karena sistem mirrorless belum banyak pilihan lensa, dan karena adapter itu menambah panjang jarak flange focus sehingga lensa lama yang dirancang punya flange back yg panjang kalau ditambah panjang adapter jadi pas di mirrorless. Sebaliknya lensa mirrorless tidak bisa dipasang di kamera DSLR karena fange focus lensa mirrorless pendek.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *