Betapa Kecilnya Kita ini

Saat malam hari dan langit begitu cerah kemudian nampak bintang-bintang diatas sana. Jutaan, Milyaran, Trilyunan atau malah tak terhingga jumlahnya, ya itulah keterbatasan kita sebagai manusia. Betapa hebatnya Tuhan pencipta alam semesta ini, yang mengatur seluruh alam semesta. Kenapa matahari bisa mengeluarkan cahaya? Kenapa Planet-planet di Tata Surya ini beredar sedimikian rupa ?

Berbicara tentang alam semesta, mari kita renungkan pertanyaan “Berapa besar alam semesta ciptaan tuhan ini ?” Beberapa gambar dibawah ini akan menunjukkan kepada kita, bagaimana alam semesta kita ini, betapa luar biasanya dan betapa kecilnya kita dialam semesta ini. Dan tentu saja Maha Hebat dzat yang menciptakannya.

 1. Bumi Planet yang kita huni saat ini.
Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Tempat kita tinggal.

NASA Goddard Space Flight Center Image / Via visibleearth.nasa.gov

2.Bumi itu bagian dari Tata Surya kita.
Inilah Tata Surya Kita, seperti yang kita pelajari di sekolah dahulu, urutannya dari Matahari sampai dengan planet pluto. Kalau dilihat dari gambar dibawah, jarak Bumi ke Matahari kurang lebih 144.000.000 Kilometer, bagaimana jarak Matahari dengan pluto? pasti jauh sekali.

Tata Surya Kita

3.Bumi dan Bulan.
Kalau gambar diatas terlihat jarak matahari dengan planet-planet dalam Tata Surya, maka jika dizoom, jarak bumi terhadap bulan yang sering kita lihat bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Jarak Matahari dan Bulan

4.Jarak Bumi ke Bulan
Kalau saja planet-planet ditata surya bisa kita ambil dan kita tata, maka diantara Bumi dan bulan bisa disisipkan planet-planet yang lain dengan sangat rapi.

Planet-planet jika dimampatkan diantara jarak bumi dan bulan

5. Benua Amerika Utara dibandingkan dengan Yupiter
Kalau kita lihat dipeta bumi, benua Amerika besar, namun jika dibandingkan dengan Planet yupiter, benua amerika terlihat seperti titik hijau seperti foto dibawah ini.

Perbandingan Benua Amerika dan Planet yupiter

6. Planet Saturnus
Planet saturnus terlihat berbeda karena memiliki cincin. Tapi tahukah bahwa lebar cincin planet saturnus saja bisa diisi 6 planet bumi.

Planet saturnus

7. Cincin Saturnus di Bumi
Bisa dibayangkan kalau bumi memiliki cincin seperti planet saturnus, maka pemandangan langit dibumi bisa sangat indah.

Jika bumi punya cincin seperti saturnus

8. Komet
Bisa Kalau misalnya komet yang jatuh ke bumi dalam kondisi utuh, jika jatuhnya di Los Angeles maka akan tampak seperti gambar berikut.

Perbandingan Komet dengan kota Los Angeles

9. Bumi jika dibandingkan dengan matahari
Anda saja seluruh planet kita kumpulkan, maka perbandingannya seperti ini, bagaimana dengan bumi?

Perbandingan bumi dan matahari

10. Bumi jika Dilihat dari Bulan
Bagaimana kalau kita melihat bumi dari bulan, apakah sama? ternyata biru bumi terlihat dengan jelas.

Bumi Dilihat Dari Bulan

11. Bumi jika dilihat dari mars
Planet bumi kita terlihat sangat kecil jika dilihat dari planet mars. Layaknya kita melihat bintang-bintang di malam hari.

Bumi dilihat dari Mars

12. Bumi dilihat dari planet saturnus
Jika suata saat kita ada kesempatan pergi ke planet saturnus, dan disana berdiri melihat bumi, maka bumi akan terlihat seperti titik biru diangkasa. Tentu akan tampak menarik dengan ditambah cincin saturnus.

Bumi dilihat dari planet Saturnus

13. Bumi dilihat dari planet Neptunus
Jarak bumi ke Neptunus adalah 6.4 Milyar kilometer, jauh sekali. Mari kita crosschek bersama. Kita asumsikan bahwa kesana naik pesawat yang memiliki kecepatan sama seperti kecepatan cahaya. Kecepatan Cahaya 1.079.252.848 km/jam. Jadi dengan kendaraan tersebut kita pergi ke Neptunus perlu waktu : T = 6.400.000.000 / 1.079.252.848 = 6 jam.

Oke lebih lanjut sebagai bayangan, bahwa dari Bintang – bintang dilangit yang tak terhingga, kita ambil satu contoh bintang yang PALING DEKAT dengan Bumi. Bintang tersebut adalah Proxima Century, berapa jarak tempuh pesawat tadi jika kita mau kesana, ya untuk mencapai bintang paling dekat saja butuh waktu 4.2 tahun. Bukan main ya, menuju ke neptunus yang sangat jauh 6 jam, lah ini sampai butuh 4.2 tahun. Berarti bintang-bintang yang sering kita lihat dimalam hari itu sangat-sangat jauh.

Sangat Jauhnya jarak  bintang paling dekat ini masih belum seberapa lho jika kita mencoba masuk membahas lebih dalam lagi.

Bumi dilihat dari planet Neptunus

14. Bumi jika dibandingkan dengan Matahari
Kalau besar Bumi dibandingkan dengan besar Matahari, maka akan sangat terlihat kecil sekali bumi kita ini, kira-kira seperti gambar dibawah ini. Karena memang diameter Matahari itu 109 kali diameter Matahari, kecil sekali bukan.

Bumi Jika Dibandingkan dengan matahari

15. Matahari jika dilihat dari Mars
Matahari akan terlihat kecil Jika dilihat dari permukaan planet mars, tidak seperti dibumi yang sangat besar.

Matahari dilihat dari Planet Mars

16. Matahari
Matahari termasuk bintang karena dapat mengeluarkan cahaya dengan reaksi yang ada dipermukaannya. Dan hal tersebut bukan apa-apa, karena diluar sana ada “Matahari-matahari” lain yang jumlahnya sangat banyak sangat dan ukurannya JAUH LEBIH besar dari matahari. Ibaratnya matahari adalah sebutir pasir didalam pantai yang ada didunia ini.

Matahari seperti pasir di Pantai Bumi

17. Matahari  dibandingkan dengan VY Canis Majonis
Mari kita bandingkan Matahari dengan bintang lain yaitu VY Canis Majoris, sebuah bintang yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Terlihatkan Matahari itu sangat kecil sekali. Luar biasa bukan.

VY Canis Majonis

18.Matahari dengan Bintang VY Canis Majoris
Coba tebak-tebakan berapa besar bintang Canis Majoris terhadap Matahari? 10 Kalikah ? 100 kalikah? 1000 kalikah ? atau jawaban ekstrim lagi 997.817 kali besar bumi, Nah jika anda menjawab dengan angka tersebut jawaban anda masih tidak tepat. Ya Besar Bintang VY Canis Majoris ini adalah 1 Milyar kali besar bumi.

YV Canis Majoris

19. Besarnya galaksi Kita (Galaxy Bima Sakti / Kabut Susu/ Milky Ways)
Tata surya kita berada dalam Galaxy Milky Ways, Seperti yang kita tahu bersama pusat tata surya kita adalah Matahari, dimana mulai dari Merkurius hingga Pluto yang mengorbit mengelilingi matahari, oke itu kita sebut sebagai Tata Surya. Sekarang yang perlu kita renungkan adalah sebuah pertanyaan : ada berapa sistem tata surya lagi yang ada di galaxy kita (galaksi Milky Way) selain matahari?

Sebuah jawaban mengejutkan, bahwa sistem tata surya kita (Matahari dan Planet-Planet) tadi adalah 1 diantara 200 Milyar sistem Tata Surya yang lain, sangat mengejutkan bukan. Ingat lho itu hanya pada 1 galaxy  yaitu galaxy Milky Way Saja. Padahal di alam semesta ini diperkirakan ada sekitar 500 Milyar Galaxy lainnya.

Kita kembali ke Galaxy Milky Way, andai saja matahari kita kecilkan sebesar 1 sel darah putih dengan skala tertentu, dan Galaxy Milky Ways juga kita kecilkan dengan skala yang sama, maka perbandingan antara matahari dengan galaxy milky wah adalah sekeping sel yang berada dinegera amerika.

Galaxy dibandingkan dengan Matahari

20. Posisi Kita di galaxy
Ya karena galaxy Milky Way sangat luas, maka disinilah tempat kita berada saat ini, sangat kecil sekali.

Inilah Tempat Kita di Milky Way

21. Bintang yang kita lihat di malam hari
Tahukan bahwa bintang-bintang yang kita lihat di malam hari itu hanya satu spot dibagian yang ditandai lingkaran kuning dibawah ini. Hanya bagian itu saja!

Bintang yang kita lihat di Malam Hari.

22. Perbandingan Galaxy Kita dengan Galaxy yang lain
Galaxy kita (Milky Way) yang kita bahas tadi begitu luasnya, namun jika dibandingkan dengan Galaxy yang lain, Milky Way Sangat kecil. Coba saja kita bandingkan dengan Galaxy IC 1011, sebuah galaxy yang memiliki jarak 350 Juta Tahun Cahaya dari Bumi.

Perbandingan luasan antar galaxy

23. Mari Kita perbesar lagi
Mari kita perbesar lagi. Ini hanya sebuah gambar yang diambil melalui Teleskop Hubble, terlihat ribuan galaxy dimana masing-masing galaksi teridiri dari Juataan bintang dan masing masing bintang mempunya planetnya masing-masing.

Galaxy di angkasa dilihat menggunakan teleskop Hubble

24. Galaxy UDF 423
Ini adalah salah satu gambar galaksi yaitu galaksi UDF 423. Jarak dari Bumi adalah sekitar 10 Milyar Tahun Cahaya.  Jika kamu melihat gambar ini, berarti kamu sedang melihat kondisi gambaran Galaxy tersebut 10 Milyar Tahun yang lalu.

Galaxy UDF 423

25. Ingat selalu Dipikirkan kita, Semesta ini sangat luas.
Ingat selalu dalam pikiran kita, Jika kita ambil spot sangat kecil dalam alam semesta seperti dalam gambar dibawah namun jika di zoom akan menjadi sangat banyak sekali (ingat hanya spot kecil).

Satu spot dari alam semesta

26. Ingat selalu Dipikirkan kita, Semesta ini sangat luas.
Blackhole memiliki masa yang sangat besar sehingga miliki gaya gravitasi yang ditimbulkannya juga sangat besar, hingga cahayapun tertarik kedalamnya.  Jika kita asumsikan ada beberapa blackhole diluar sana, maka perbadingan blackholde dengan orbit bumi bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Perbandingan Blackholde dengan orbit Bumi.

Dari ke 26 point diatas yang menjelaskan bahwa betapa luasnya alam semesta dan juga menunjukkan betapa sangat kecilnya eksistensi kita, mari sejenak kita rangkum posisi kita dialam semesta ini.

Ini adalah bumi (rumah kita)
Bumi
Bumi kita dalam tata surya, ini adalah tata surya kita jika kita zoom
Tata Surya
Selain Tata surya Matahari, masih ada tata surya-tata surya yang lain
Solar Interstellar Neightborhood
Kumpulan tata surya-tata surya tadi berada dalam milky way
Galaxy Milky Way
Galaxy milky Way tidak sendiri, tapi memiliki tetangga yang terkumpul dalam Local Galactic Group
Local Galactic Group
Local Galactic Group tidak sendiri, tapi memiliki tetangga-tetangga lain yang terkumpul dalam Virgo Supercluster
Virgo Supercluster
Virgo Supercluster juga tidak sendiri, tapi memiliki tetangga-tetangga lain yang terkumpul dalam Local Super Cluster
Local Supercluster
Local Super Cluster  juga tidak sendiri, tapi memiliki tetangga-tetangga lain yang terkumpul dalam Observable Universe
Observable Universe

Betapa kecilnya kita jika dibandingkan dengan alam semesta ini. Pantaskah kita menyombongkan diri. Kita ini hanya titik kecil di luasnya alam semesta.

Sumber : ciput.us

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *