Bersyukurlah Pecinta Kopi, Secara Ilmiah Kamu Bakal Panjang Umur

Kamu termasuk pecinta kopi? Berita baik ini mungkin akan membuatmu bahagia, karena menurut penelitian, ternyata peminum kopi punya kecenderungan hidup panjang umur lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menemukan bahwa kafein bisa membantu melawan inflamasi yang terjadi di dalam sistem tubuh, terutama pada orang dewasa hingga tua. Inflamasi dalam hal ini bisa memperbesar risiko penyakit kardiovaskuler.

Peneliti senior sekaligus profesor Stanford Institute for Immunity, Transplantation and Infection, David Furman, mengatakan bahwa proses alami ditemukan pada gen-gen dewasa lanjut usia (orang tua) terhadap inflamasi atau pembengkakan karena rajin minum kopi.

Setelah menganalisis kadar inflamasi terhadap 100 sampel darah dewasa muda (usia 20-30 tahun) dan dewasa tua (usia 60-89 tahun), peneliti menemukan bahwa mereka yang minum kopi sehari-hari ternyata memiliki kadar inflamasi rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sehari-harinya.

Rekan penulis penelitian sekaligus kepala Institute for Immunity, Transplantation and Infection, Mark Davis, menjelaskan bahwa proses inflamasi berhubungan erat dengan penuaan, dengan konsumsi kafein, bukan hanya bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, tapi juga bisa memperlambat proses penuaan. Dengan kata lain, kafein mengurangi peradangan yang terjadi pada sel tubuh sehingga tidak mudah mati.

Selain kopi, pilihan sehat lain untuk mendapatkan kafein adalah dari teh dan cokelat. Jadi, jika kamu tak begitu suka kopi namun ingin mendapat manfaat sehat dari kafein, kamu bis a minum teh atau cokelat saja. Win-win solution kan? Kamu menikmati makanan dan minumanmu sekaligus bisa panjang umur.

Sumber : Vemale.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *