Benarkah Green Tea Dapat Membakar Lemak?

Apakah dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk diet? Jika iya Anda pasti saat ini sedang sibuk mempersiapkan pola diet. Pastikan bahwa pola diet Anda baik untuk tubuh, konsumsilah makanan yang seimbang jangan ada yang dikurangi atau dilebihkan. Jika Anda tidak tahu bagaimana memilih makanan dan minuman yang tepat, diet Anda jadi tidak efektif.

Anda sendiri harus pintar memilih makanan dan minuman yang benar-benar bermanfaat untuk diet. Tahukah Anda bahwa green tea atau teh hijau efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh? Hal ini bukanlah mitos melainkan fakta. Penelitian menurut The American Journal of Clinical Nutrition, green tea sangat mempengaruhi berat tubuh seseorang jika dikonsumsi dengan benar. Kita akan cari tahu cara kerja green tea yang bermanfaat untuk diet Anda di artikel ini.

Apa saja kandungan di dalam green tea?

Jauh sebelum green tea atau teh hijau terkenal seperti sekarang ini, beribu-ribu tahun yang lalu masyarakat Tiongkok telah menggunakan teh hijau sebagai minuman kesehatan. Pada waktu itu teh juga dipercaya sebagai obat dan sarana meditasi, hingga pada akhirnya minuman ini menyebar ke seluruh dunia dan semakin populer di Indonesia. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa selain menyegarkan, teh hijau adalah minuman yang menyehatkan.

Sebenarnya teh hijau berasal dari pohon teh biasa, namun teh hijau melalui proses fermentasi dan pemanasan dengan mengukus teh lalu dipanaskan lagi untuk mencegah radikal bebas atau oksidasi. Di dalam teh hijau terdapat 15 kandunga,n dan kandungan di dalam teh hijau yang paling penting untuk membakar lemak di tubuh Anda adalah kafein, katekin, dan epigalokatekin galat. Tiga kandungan ini menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition berkontribusi besar untuk membakar lemak di tubuh Anda.

Bagaimana cara kerja green tea untuk membakar lemak?

Kandungan kafein, katekin dan epigalokatekin galat sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh seseorang. Proses penting dalam membakar lemak di dalam tubuh adalah bagaimana lemak dapat dihancurkan dan berpindah ke dalam aliran darah Anda. Senyawa aktif yang terdapat di dalam green tea dapat membantu proses pembakaran ini.

Antioksidan utama di dalam green tea yaitu epigalokatekin galat dapat membantu menghambat sebuah enzim yang dapat memecah hormon norepinefrin. Hormon ini yang digunakan oleh sistem saraf untuk mengirimkan sinyal kepada lemak untuk hancur dan berpindah ke aliran darah. Semakin banyak hormon norepinefrin yang ada di dalam tubuh maka semakin kuat sinyal yang dikirimkan. Dengan begitu, semakin banyak lemak yang dapat terbakar di dalam tubuh. Jika banyak lemak yang terbakar dan berpindah ke dalam aliran darah, maka lemak yang terbakar akan dilepas oleh tubuh dalam bentuk energi.

 Green tea bukan jalan pintas untuk kurus

Kandungan epigalokatekin galat atau EGCG di dalam green tea inilah yang meningkatkan hormon untuk membakar lemak di dalam tubuh Anda. Menurut penelitian, green tea sangat efektif membakar lemak saat Anda melakukan olahraga.

Tapi patut diingat, green tea bukan cara pintas Anda untuk jadi kurus, green tea sangat membantu apabila Anda menjalankan pola diet yang efektif. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara kerja green tea, sekarang giliran Anda untuk memanfaatkannya.

Sumber: HelloSehat

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *