BAN MOTOR

BY: Aruna Surya Hartono

 

Pada kendaraan roda dua maupun roda empat, ban adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Pada komponen itulah kenyamanan, keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.
Hal ini penting manakala kita akan mengganti ban kendaraan entah itu modifikasi atau karena ban aus, ini yang harus diperhatikan. Pada saat kita akan mengganti ban kendaraan, biasanya kita hanya mengatakan ukuran ban yang akan kita ganti atau beli, misal ukuran 2.75-17 atau 100/90-18. Karena secara umum parameter itu menunjukan ukuran lebar, tebal dan diameter, tetapi sesungguhnya masih banyak kode maupun symbol yang harus bikers ketahui agar mendapat ban yang sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan serta mengetahui batasan-batasan yang aman untuk pemakaian.

 

Bagian-Bagian Ban Motor

  • Treadadalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
  • BreakerdanBelt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
  • Casingadalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
  • Beadadalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekatpada velg.

Ukuran Ban Motor Metric

  • Metric
    80/90-17 memiliki arti: Ban ini memiliki lebar 80mm dengan tinggi dinding ban 72mm dan menggunakan velg ukuran 17 inchi.

    Ini penjabarannya:
    80[lebar ban dalam satuan mm] : adalah ukuran bagian terlebar dari ban dengan nilai +/- 80mm.
    90[Aspek rasio] : adalah  persentase dari lebar ban atau sama dengan 80 X 90% = 72mm.

Ukuran Ban Motor Inchi

  • Inchi
    2.75-17 memiliki arti: Ban ini memiliki lebar 2,75 inchi dengan tinggi dinding 2.75 inchi dan menggunakan velg ukuran 17 inchi.

    Ini penjabarannya:
    2.75[lebar ban dalam satuan inchi] : adalah ukuran bagian terlebar dari penampang ban dengan nilai +/- 2.75 inchi dan tinggi 2.75 inchi.
    17[diameter velg] : adalah ukuran diameter velg yang harus digunakan.

Ukuran Ban Motor Tubeless

  • Tubeless:adalah jenis ban yang aplikasinya diperbolehkan tanpa menggunakan ban dalam dengan ketentuan harus menggunakan velg castwheel type tubeless dengan ukuran yang sesuai dengan ban nya dan harus menggunakan pentil khusus tubeless.
    Tube Type:adalah jenis ban yang pada aplikasinya harus menggunakan ban dalam.

Kelebihan Ban motor Tubeless

Apabila berjalan tiba-tiba roda kendaraan tertusuk oleh paku sehingga ban mengalami kebocoran maka kebocoran yang terjadi ini tidak lantas langsung membuang ban menjadi kempes. Oleh sebab itu pengendara tidak akan kehilangan kontrol pengemudian dan mengecilkan resiko terjadinya kecelakaan.

Selain itu dengan ban yang tidak langsung kempes maka pengendara masih dapat berjalan mengendarai kendaraan untuk menemukan tukang tambal ban.  Berbeda dengan ban biasa yang ketika tertusuk paku maka ban akan langsung kempes sehingga pengendara harus menuntun kendaraan untuk mencari tukang tambal ban.

Kelemahan Ban Motor Tubeless

  • Tidak dapat digunakan pada medan yang berat

Ban tubeless memiliki struktur  bahan yang tebal dan keras sehingga apabila kendaraan yang menggunakan ban tubeless ini digunakan pada medan yang berat maka dalam waktu yang relatif lama maka dapat menyebabkan pelek kendaraan cepat rusak. Kondisi permukaan jalan yang tidak rata akan langsung disalurkan ke pelek sehingga akan membuat pelek menjadi rusak.

  • Tidak dapat digunakan pada roda dengan pelek ruji

Ban tubeless tidak dapat digunakan pada kendaraan yang menggunakan pelek ruji atau jari-jari karena pelek ruji dapat menyebabkan terjadinya kebocoran udara sehingga ban tubeless akan sangat cocok digunakan pada pelek racing.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.