Aplikasi Mozilla Firefox

Milinia Chandya Putri (SI EC Reguler)

 

Mozilla Firefox adalah peramban web lintas platform bebas dan sumber terbuka yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox ini pertama kali dirilis pada tanggal 23 September tahun 2002. Nama asli dari Mozilla Firefox ini adalah Phoenix.

Dibawah ini adalah beberapa fitur yang terdapat dalam Mozilla Firefox:

  1. Private Window

Fitur Penjelajahan Pribadi Firefox membantu Anda menjelajahi Internet tanpa menyimpan berbagai informasi di komputer mengenai situs dan halaman yang Anda kunjungi.

  1. Search Bar

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menentukan mesin pencarian sesuai dengan kebutuhan.

  1. Add-ons

Mozilla memungkinkan pengguna untuk melakukan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan.

  1. Firefox Sync

Ketika Anda mengatur Firefox Sync pada komputer Anda, semua data Anda dan preferensi (seperti bookmark, history, password, tab yang terbuka dan diinstal add-ons) akan disimpan dengan aman di server Mozilla. Kemudian Anda dapat menghubungkan perangkat lain (ponsel misalnya) dan mereka akan secara otomatis disinkronisasi, memberikan Anda akses ke semua informasi Anda di mana pun Anda berada.

  1. HomePage

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur halaman web yang diinginkan menjadi halaman awal atau beranda. Tidak hanya satu halaman web saja,  Firefox memungkinkan pengguna untuk menyetel suatu kelompok situs menjadi halaman awal atau beranda.

  1. Bookmark

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu mengingat-ingat atau bahkan mencatat halaman web yang dirasa penting dan akan dibuka kembali di waktu yang akan datang. FireFox akan menyimpan alamat halaman web yang dibutuhkan sehingga memudahkan pengguna untuk membukanya kembali.

  1. WOT (Web of Trust)

Add-ons ini berguna untuk memblokir akses ke website yang dianggap tidak memenuhi tingkatan kriteria kepercayaan, keandalan penjual, pembajakan, keselamatan anak-anak, yang tiap kriteria memiliki 5 tingkatan peringkat  yang diwakili oleh warna dari merah yang tidak bisa di ijinkan meng-akses hingga hijau yang merupakan perwakilan aman.

  1. Flagfox

Add-ons ini berguna untuk menampilkan identitas dari kebangsaan mana website yang anda kunjungi.

  1. Bookmarks toolbar

Fitur ini bisa selalu mengetahui hal-hal terbaru dari sebuah site tanpa harus repot-repot membuka site tersebut untuk mengetahui hal terbaru apa yang terjadi, dengan catatan site tersebut harus sudah mendukung RSS reader yang biasanya terdapat icon RSS.

  1. Email Link

Untuk mensinkronisasikan email dengan firefox menggunakan ms.outlook.

  1. Work Offline

Untuk bekerja dengan firefox secara offline.

 

Namun, dibalik banyaknya fitur yang terdapat pada Mozilla Firefox terdapat juga beberapa kekurangan pada peramban ini, yaitu:

  • Mozilla Firefox terkadang lama untuk dibuka (Memiliki loading yang cukup lama).
  • Memiliki kecepatan yang cukup lambat jika kita membuka situs web tertentu.
  • Sering sekali terjadi crash, ini yang membuat para pengguna cukup kesal sehingga berpindah kepada browser lain.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.