Fenomena juru parkir di kota-kota besar menjadi masalah yang rumit. Sebab, masalah parkir tidak hanya terkait pendapatan daerah tapi juga berhubungan dengan penanganan aspek sumber daya manusia seperti juru parkir.

Melihat kondisi tersebut, perlu adanya perubahan sistem parkir liar ke dalam sistem aplikasi berbasis teknologi. Terbaru, operator parkir PT Pan Satria Sakti meluncurkan aplikasi parkir real time bernama Jukir.co.

Aplikasi ini yang akan merevitalisasi keberadaan juru parkir liar secara baik sekaligus menekan penyelewengan. “Aplikasi ini baru beroperasi tahun lalu, dan pertama kali di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Pan Satria Sakti, Budi Hartono, kepada Republika.co.id, Jakarta, Kamis (2/2).

Aplikasi parkir real time tersebut terintegrasi dengan sistem yang ada di pemerintah daerah (Pemda) sehingga bisa dipantau langsung sebagai retribusi daerah.

“Sistemnya terintegrasi dengan pemerintah daerah, karena retribusi parkir itu 25 persen masuk ke kas daerah. Pemda juga bisa dengan transparan melihat pendapatan parkir secara real time,” jelas Budi.

Budi mengklaim, aplikasi ini lebih memudahkan transaksi dibanding sistem parkir elektronik maupun konvensional yang ada saat ini. Operator parkir yang pernah menangani perparkiran di PT KAI ini, mengandalkan aplikasi sederhana dari ponsel cerdas.

“Jadi aplikasinya sederhana. Setelah diunggah, aplikasinya akan terhubungan dengan juru parkir kami yang mobile setiap saat,” ungkapnya.

Saat ini, kata Budi, aplikasi Jukir.co telah resmi beroperasi di Jakarta, Bandung dan Palembang. Ketiga kota tersebut memiliki tingkat populasi terbesar dalam berkendara roda empat.

“Kami ingin memperkenalkan dulu aplikasi ini ke masyarakat agar paham teknologi.”

Aplikasi Jukir
© ist Aplikasi Jukir

Dia menjelaskan, aplikasi ini memungkinkan pengendara memantau kondisi real time di lokasi parkir tanpa harus bergerak mencari lokasi parkir yang kosong. Selanjutnya, petugas  parkir akan melakukan pemasangan kode pada ponsel pemilik mobil.

Jukir.co memiliki beberapa fitur pembayaran baik tunai maupun non-tunai (uang elektronik) yang  dilakukan oleh juru parkir dimanapun, kapanpun di lokasi parkir dan dimonitoring 24 jam secara daring dan real time.

“Melalui Jukir.co dapat membuka peluang kerja para juru parkir liar untuk menjadi  juru parkir profesional, sekaligus dapat mengoperasikan smartphone,” jelas Budi.

Tak hanya itu, aplikasi ini dibekali beberapa fitur seperti fitur pemesanan parkir, pembayaran parkir, pembelian pulsa, tiket konser, tiket kapal , token listrik, transfer dan penarikan tunai, atau transaksi lainya secara daring. “Fitur Jukir.co juga memberikan keamanan, kenyamanan kendaraan karena  dilindungi oleh asuransi,” kata dia.

Sumber : Republika.co.id