Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Ikon Wisata Baru Indonesia

Kementerian Pariwisata, menyatakan air mancur Taman Sri Baduga Situ Buleud, Kabupaten Purwakarta, Jabar, sebagai ikon pariwisata baru Indonesia. Karena itu, daerah ini terus didorong supaya tingkat kunjungan wisatawannya meningkat. Targetnya mencapai satu juta wisatan per tahunnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan, saat ini Indonesia memiliki air mancur terbesar dan bisa menari. Adanya di Kabupaten Purwakarta. Air mancur ini, jadi destinasi wisata baru serta unggulan untuk Jawa Barat. “Kami ingin, dengan adanya air mancur ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta bisa tembus satu juta orang,” ujarnya, saat meresmikan air mancur Sri Baduga, Sabtu malam (18/2).

Selain mendongkrak kunjungan wisatan, air mancur ini harus mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar. Bila kunjungan wisatan mampu tembus satu juta, asumsinya per orang menghabiskan uang Rp 1 juta, maka bisa dibayangkan perputaran uang di wilayah ini. Bisa mencapai Rp 1 triliun.

Dengan begitu, pihaknya ingin supaya Pemkab Purwakarta bisa menjaga destinasi wisata ini. Serta, mampu meningkatkan lagi kunjungan wisatawan yang datang ke wilayah ini. Apalagi, Purwakarta berada di jalur yang sangat strategis antara Jakarta-Bandung.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, air mancur Sri Baduga ini merepleksikan soal kebhinekaan di Indonesia. Terlihat dari cahaya yang digunakannya, mirip dengan pelangi. Jadi, ada berbagai macam warna, tetapi bila dipadupadankan akan terlihat indah dan menarik. “Berbeda itu indah. Termasuk warna air mancur ini,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, dalam kehidupan terdapat bentuk dan ragam kultur serta tradisi. Keragaman tersebut, diadopsi lalu lahirlah potensi yang jadi objek kepariwsataan. Dengan begitu, tradisi dan kebudayaan ini bisa melahirkan sesuatu yang menarik. Salah satunya, diaplikasikan dalam air mancur ini.

 Pada peresmian tahap tiga ini, Dedi mengaku, jumlah pengunjung sangat membludak. Diperkirakan ada 50 ribu warga mendatangi area Situ Buleud hanya untuk menyaksikan atraksi air mancur menari tersebut.
Sumber : Republika.co.i

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *