7 Tips Ini Akan Bikin Kamu Tetap Produktif Selama Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti saat ini, dimana semua kegiatan dilakukan dari rumah merupakan suatu tantangan besar bagi banyak orang. Banyak orang akan merasakan kejenuhan karena hanya menghabiskan waktu dengan tinggal di rumah saja. Tetapi dengan adanya Work From Home / School From Home ini, kita jadi mempunyai banyak waktu luang nan senggang untuk mengisi kegiatan kita.

Telebih lagi orang yang terbiasa berpergian ke luar rumah pastinya membutuhkan kegiatan yang mengisi waktu mereka. Selain menghilangkan bosan, kita juga perlu melakukan hal lain yang dapat dikembangkan agar kita lebih produktif di masa sekarang ini.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengisi kegiatan agar tetap produktif di masa pandemi:

1. Membuat Jadwal (to-do-list) Harian

Agar hari kita tidak terbuang sia-sia, maka sebaiknya kita membuat jadwal harian agar bisa tetap menghabiskan waktu dengan produktif. Kita bisa membuat jadwal harian dari mulai kita bangun pagi sampai kita tidur lagi di malam hari, tidak hanya membuat jadwal harian saja tetapi kita juga harus bisa mengaplikasikannya.

Dengan membuat jadwal hari ini, hidup kita bisa semakin teratur dan tepat waktu. Kita juga dapat memprioritaskan mana hal yang penting yang perlu kita lakukan terlebih dahulu.

2. Memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat

Mengingat kita akan menghabiskan waktu yang lama di rumah, jika kita tidak melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari pasti akan terasa bosan. Oleh karena itu, kita juga harus memilih aktivitas lain yang dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas hidup secara baik. Kegiatan tambahan ini untuk menambah pengetahuan. Seperti belajar bersama dengan teman secara online, diskusi atau seminar virtual. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjaga pola hidup sehat melalui pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup.

3. Membersihkan Rumah

Dengan berdiam diri di rumah akan mendukung seseorang untuk lebih rajin membersihkan rumah untuk mengisi waktu luang mereka. Pekerjaan membersihkan rumah yang awalnya dikerjakan oleh orang lain karena kita sering menghabiskan waktu di luar rumah, maka sekarang dengan kita berdiam diri di rumah, maka pekerjaan itu dapat kita lakukan sendiri. Mulai dari merapikan lemari baju, merapikan kamar tidur, membersihkan debu-debu yang ada di rumah, atau sekedar menyapu dan mengepel rumah.

4. Memasak

Salah satu kegiatan produktif lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan kita mencoba resep makanan baru yang sebelumnya belum pernah kita coba. Kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah membuat kita tidak dapat keluar rumah, terlebih hanya untuk membeli makanan. Oleh karena itu, kita bisa memasak sendiri makanan sehat atau makanan favorit buatan kita sendiri. Sehingga dengan demikian, kita tidak hanya produktif di masa pandemi, namun juga bisa menyehatkan tubuh kita dengan memakan makanan yang kita buat sendiri.

5. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk tubuh kita apalagi dalam situasi pandemi saat ini. Olahraga di rumah bisa kita lakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu aerobic, workout, atau yoga. Dengan kita rajin berolahraga, kita bisa tetap menjaga kesehatan, apalagi di masa pandemi ini sangatlah penting bagi kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berolahraga tidak membutuhkan waktu yang lama, kita bisa memilih waktu yang senggang untuk kita melakukan olahraga walaupun hanya sebentar.

6. Bercocok tanam

Bercocok tanam adalah pilihan yang tepat untuk melakukan waktu luang saat pandemi. Bercocok tanam tidak selalu memerlukan halaman yang luas. Kita bisa bercocok tanam dengan menggunakan pot bahkan polybag yang dapat kita sesuaikan dengan kondisi rumah kita sendiri, seperti memilih tanaman hias, atau sekedar tanaman yang bisa kita konsumsi sendiri, seperti bayam, kangkung, cabai, kemangi, tomat, dan lain-lain.

7. Melakukan kegiatan yang membuat kita senang

Setiap orang pasti mempunyai kegiatan yang membuat diri mereka senang. Contohnya seperti menonton film, menonton youtube, menonton televisi, menonton live music, maupun mendengarkan podcast bisa kita lakukan kapanpun kita mau. Kegiatan-kegiatan semacam itu juga dapat mengusir kejenuhan kita selama di rumah saja.

Untuk seorang perempuan, kita dapat melakukan kegiatan seperti melakukan perawatan wajah dan kulit tubuh. Berdiam di rumah adalah waktu yang tepat untuk kita melakukan perawatan, karena terbebas dari sinar matahari yang ditakutkan oleh kaum perempuan karena efek sinar matahari yang berpengaruh buruk pada kecantikan dan kesehatan kulit.

Itulah tips agar tetap produktif selama pandemi. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya?

Sumber: suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.