7 Fakta Menakjubkan tentang Internet

Internet kini bukan lagi menjadi barang mewah bagi orang-orang, terutama mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Tanpa internet, sebagian dari kita pasti bakal merasa mati gaya.

Layanan internet mampu membawa kita seolah-olah berada di dimensi yang berbeda. Tak jarang, orang yang kecanduan internet seperti memiliki ‘dunia sendiri’. Tapi, di balik itu semua, tahukah kamu bahwa internet menyimpan banyak fakta menakjubkan yang jarang diketahui.

Berikut ini, tujuh (7) fakta seru dan menarik soal internet:

1. Pengguna Internet di Dunia
Data dari laman Internet Live Stats mencatat jumlah pengguna internet di dunia mencapai 3,48 miliar, atau 40 persen dari total populasi. Jumlah ini selalu bertambah setiap detiknya.

Jauh sebelum itu, penetrasi internet di dunia pada 1995 silam hanya 1 persen dari total populasi. Jumlahnya pertama kali menembus angka 1 miliar pada 2005, disusul 2 miliar pada 2010, dan naik menjadi 3 miliar pada 2014.

2. Apa yang Terjadi Jika Internet Mati?
Sebagaimana dikutip dari Foss Bytes, apabila internet mati, sebanyak 200 miliar email dan 3 miliar pencarian Google akan terhenti.

3. Webcam Tercipta
Tahukah Anda, webcam pertama kali diciptakan untuk memonitor Trojan Coffee Pot, sebuah mesin kopi di ruangan bernama Trojan Room di Lab Komputer University of Cambridge, Inggris pada 1991.

4. Pecandu Internet
Laman Foss Bytes juga menyebutkan ada camp khusus di Tiongkok untuk menangani orang yang kecanduan internet. Perlu diketahui, dari 200 juta pengguna internet, sebagian besar berusia 15 dan 35 tahun.

Tao Ran, Kepala Penanganan Kecanduan Internet di negeri Tirai Bambu tersebut mengatakan bahwa 40 persen dari mereka menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

5. Video YouTube
Tebak, video musik apa yang paling banyak ditonton di YouTube? Jawabannya adalah Gangnam Style milik Psy. Laman Billboard mencatat, penyanyi asal Korea Selatan ini berhasil meraup lebih dari 2,2 miliar penonton lewat lagunya tersebut di YouTube pada 2015.

6. Miliaran Elektron
Internet mengirimkan 204 juta email setiap menitnya, dan 70 persen dari total email terkirim adalah spam. Setidaknya dibutuhkan 2 miliar elektron untuk membuat satu email.

7. Bots dan Malware
Faktanya, sebagian besar trafik internet bukan berasal dari manusia melainkan bots dan malware. Studi Incapsula pada 2015 menemukan 61,5 persen atau dua pertiga dari total trafik di situs internet dijalankan oleh bots.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *