6 Trik Jualan di Instagram agar Cepat Laris

Semakin berkembangnya teknologi internet saat ini membuat masyarakat banyak menggunakan internet untuk berbagai tujuan, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, bermain game, melihat video, hingga memanfaatkannya sebagai media untuk menambah pendapatan.

Cara untuk memperoleh pendapatan melalui internet bermacam-macam, ada yang menulis blog, menjadi vlogger, menjadi selebgram, hingga berjualan online. Khusus untuk berjualan online memang cukup banyak disediakan oleh berbagai platform, mulai dari situs e-commerce, hingga melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Aplikasi instagram menjadi salah satu pilihan favorit untuk berjualan, karena aplikasi ini mengutamakan foto dan video, maka memudahkan penjual untuk menunjukan produknya dan dari sisi pembeli juga memudahkan untuk mencari suatu produk.

Terlebih instagram di Indonesia saat ini mempunyai pengguna yang cukup banyak, sehingga penting untuk menggunakannya sebagai media dalam meningkatkan penjualan karena efek yang ditimbulkan cukup besar.

Bagi yang sudah tidak sabar ingin berjualan via instagram, simak tips berikut agar penjualan Anda semakin laris seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Buat akun khusus

Untuk berjualan, buatlah sebuah akun yang khusus dan bukan menggunakan akun pribadi. Hal ini selain untuk tujuan privasi, juga memudahkan Anda dalam menyasar target pasar dan memposisikan toko sesuai dengan karakter dan kelebihan yang ingin ditonjolkan. Membuat akun khusus juga memudahkan untuk mengelola akun tersebut

2. Mencari follower yang banyak

Setelah mempunyai akun instagram khusus, maka saatnya untuk menambah follower. Karena tanpa follower maka tidak ada yang melihat foto, sehingga tentu tidak ada yang membeli. Cara untuk menambah follower mula-mula Anda perlu memfollow pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk Anda.

Follower dari toko tersebut tentu mempunyai ketertarikan terhadap barang yang dijual, dengan demikian Anda dapat berasumsi bahwa follower di toko tersebut merupakan pangsa yang potensial pula bagi toko Anda. Follow sebanyak mungkin akun yang dibisa dan lakukanlah secara bertahap.

Lakukan hingga following mencapai angka puluhan ribu. Dari akun yang di-follow tersebut tentu ada yang penasaran dan melihat instagram Anda. Saat itulah Anda juga dapat memasang foto-foto yang menarik sehingga mereka akan mem-follow Anda kembali.

3. Upload foto yang banyak dengan konten yang menarik

Untuk dapat menarik minat orang dalam mem-follow akun Anda, maka pastikan Anda rajin meng-upload foto yang menarik. Selain foto yang menarik, Anda harus menambahkan pula deskripsi atau caption yang sesuai dengan penjelasan yang lengkap mengenai produk yang dijual.

Selain foto-foto produk, Anda juga dapat melakukan selingan dengan meng-upload foto-foto yang tidak berkaitan secara langsung dengan penawaran barang, tapi masih terkait dengan barang yang dijual.

Misalnya Anda menjual baju, maka dapat meng-upload foto yang mengarah pada tips berbusana. Dengan demikian, follower Anda merasa mendapat manfaat dari akun Anda.

4. Poles foto agar menarik

Selain foto yang banyak, kualitas foto juga harus diperhatikan. Meskipun memfoto dengan ponsel, namun usahakan agar tetap menarik, jelas, dan fotogenik. Hal ini akan mudah menarik perhatian dari follower Anda.

5. Beri diskon atau promo

Diskon tentu menjadi favorit semua orang, apalagi kaum wanita. Untuk itu, Anda perlu untuk memberikan diskon dan bila perlu cantumkan pula dalam foto sehingga menarik perhatian dan mendorong orang untuk membeli produk Anda. Mengadakan promo tertentu juga efektif untuk meningkatkan perhatian orang akan produk yang Anda jual.

6. Gunakan hashtag yang sesuai dan menarik

Hashtag akan memudahkan orang untuk melihat produk Anda sehingga jangan bosan untuk menambahkan hashtag dari setiap produk yang di-upload.

Terus Bekerja Keras Dalam Usaha

Berjualan melalui instagram memang tidak dapat memberikan hasil yang instan. Namun dengan terus bekerja keras dan dengan cara yang tepat, maka Anda dapat mulai merasakan hasilnya.

Anda juga dapat melihat-lihat akun yang sudah sukses dan mempelajari strateginya untuk dapat diterapkan sehingga makin mempercepat penjualan produk Anda.

Sumber : liputan6.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *