5 Masalah yang Sering Terjadi di Gmail dan Cara Mengatasinya

Gmail adalah salah satu situs pemberi layanan pesan elektronik atau email terbesar di dunia. Ini ditunjukkan dengan data pada tahun 2016, dimana pengguna Gmail tembus sampai 1 miliar pengguna aktif.

Namun, walaupun dinaungi oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, yaitu Google, Gmail tidak juga terhindar dari masalah. Pasti salah satu dari kamu pernah kan akun Gmail-nya bermasalah?

 

Masalah yang Sering Terjadi di Gmail dan Cara Mengatasinya

Nah, maka dari itu kali ini Saya akan membeberkan beberapa masalah yang sering terjadi pada pengguna Gmail dan cara mengatasinya. Mau tau apa saja? Langsung baca ke bawah aja ya!

1. Masalah Gmail Tidak Bisa Dibuka

Jika situs Gmail tidak bisa dibuka atau kamu tidak bisa mengirim ataupun menerima email, cobalah masuk ke link berikut ini. Di situs ini, kamu dapat memantau keadaan layanan Google, apakah layanan tersebut bermasalah atau tidak.

5-Masalah-yang-Sering-Terjadi-di-Gmail-dan-Cara-Mengatasinya-kabar-global

 

Jika terdapat lambu indikator berwarna hijau, berarti layanan tersebut sedang berjalan dengan baik. Namun jika lampu indikator berwarna orange, berarti layanan tersebut sedang dalam masalah. Kamu juga bisa melacak permasalahan pada layanan Google tersebut sampai dua bulan kebelakang lho.

2. Masalah Lupa Password Gmail

Salah satu masalah yang sering terjadi oleh orang-orang tua adalah lupa password emailnya. Untungnya, Google mempunyai banyak cara yang dapat digunakan ketika kamu lupa dengan password Gmail-mu. Yang paling krusial dilakukan adalah selalu isi kontak alternatif di akun Google-mu.

permasalahan-gmail-dan-cara-mengatasinya-1

 

Cara mengaksesnya adalah dengan klik profile picture di pojok kanan atas pada situs Google, lali klik My account atau Akun saya. Lalu klik Signing in to Google. Scroll ke bawah sampai menemukan kolom-kolom Recovery EmailRecovery Phone, dan Security Question, isi semuanya.

Ini agar ketika kamu lupa dengan password-mu, kamu bisa meminta pengganti password lewat pilihan recovery yang telah kamu isi. Namun, jika kamu sudah kudung lupa dengan password-mu, kamu bisa pilih Forgot email?ketika akan log in. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai arahan dari Google.

3. Masalah Gmail 2-step Verification

2-step verification memang salah satu metode terbaik untuk mengamankan akun Gmail-mu dari serangan hacker. Dengan metode ini, kamu akan selalu dikirimkan sebuah password tambahan lewat SMS. Namun, yang sering terjadi adalah password tersebut tidak juga masuk ke SMS kamu ketika kamu ingin masuk ke Gmail.

Pertama-tama, jika itu terjadi hal yang perlu diperhatikan adalah sinyal kamu. Perlu diingat jika password tersebut akan dikirim melalui SMS, jadi walaupun kamu berada di tempat yang sinyal Wi-Fi-nya kuat, namun sinyal SMS susah ya akan percuma.

 

5-Masalah-yang-Sering-Terjadi-di-Gmail-dan-Cara-Mengatasinya-kabar-global

 

Jika tidak menerimanya juga, kamu bisa mendownload aplikasi bernama Google Authenticator. Aplikasi ini akan memintamu memilih salah satu dari beberapa cara untuk memverfikasi akun.

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan QR code. Jadi ketika kamu akan log in Gmail, di layar komputer kamu akan muncul QR code dan kamu scan lewat aplikasi tersebut.

4. Masalah Sinkronisasi Google di Android

Sering kali ketika kamu mencoba untuk mensinkronisasi akun Google kamu ke HP tapi gagal. Dari pada kamu kesal sendiri, lebih baik ikuti cara-cara agar proses sinkronisasi akun Google berhasil di HP kamu.

 

5-Masalah-yang-Sering-Terjadi-di-Gmail-dan-Cara-Mengatasinya-kabar-global

 

1. Jangan lupa untuk update aplikasi Gmail di HP kamu.

2. Restart HP. Walaupun cara ini klasik, tapi terkadang berhasil lho!

3. Pastikan sinyal internet kamu bagus.

4. Pastikan pilihan sinkronisasi di HP kamu dalam keadaan hidup. Walaupun kamu sudah memastikannya jika tombol tersebut dalam keadaan hidup, tapi mungkin kamu pernah tidak sengaja mematikannya.

5. Bersihkan data Gmail di HP kamu dengan cara ke Settings > App & Notifications > App Info > Gmail > Storage > Clear Data. Setelah kamu melakukan ini, restart HP kamu.

5. Masalah Pesan yang Hilang di Gmail

Pernah ada kasus dimana pesan yang berada di akun Gmail seseorang menghilang tanpa jejak. Jika kamu pernah mengalami hal yang sama, jangan panik dulu ya guys. Coba kamu cek ke folder Trash terlebih dahulu, karena siapa tau kamu tidak sengaja memencet tombol delete.

5-Masalah-yang-Sering-Terjadi-di-Gmail-dan-Cara-Mengatasinya-kabar-global

Jika tidak ada, mungkin juga kamu tidak sengaja meng-archive email tersebut. Kamu bisa mengaksesnya dengan cara klik More lalu lihat di folder All Mail.

Namun, jika kasusnya adalah teman kamu mengirim email tapi tidak masuk-masuk ke akun Gmail kamu, kamu bisa mengeceknya di folder Spam. Siapa tau pihak Google mengira email dari teman kamu itu adalah email tidak penting kan?

Nah, gimana? masalah teman-teman kabar global sudah teratasi belum? kalo sudah jangan lupa share ya, dan kalau belum boleh tanya saya lewat komentar dibawah ok!

(ref : JT)

Comments

comments

Rizqi Diva Wardana Putra

just another programmer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *