5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Jika Anda sering makan sayur asam atau emping, maka mungkin Anda tidak akan asing dengan melinjo. Ya, emping adalah salah satu makanan yang sumber utamanya dari melinjo. Melinjo adalah suatu buah dari pohon melinjo yang sering kali digunakan untuk tambahan berbagai macam makanan Indonesia, seperti sayur asam atau sayur lodeh. Melinjo sering kali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, karena itu penderita darah tinggi dianjurkan untuk menghindari emping dan sejenisnya. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata melinjo dan kulitnya tersebut memiliki manfaat lain untuk tubuh? Apa saja manfaat kulit melinjo?

1. Memelihara kesehatan otak

Otak adalah pusat berpikir serta pengatur dari seluruh organ tubuh, karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan otak adalah melinjo. Ya, manfaat kulit melinjo salah satunya adalah dapat mencegah dan mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh. radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh ini akan sangat mempengaruhi fungsi saraf dan otak. Melinjo dipercaya mengandung zat mangan yang dapat mengikat neurotransmitter – zat yang menjadi pengantar sinyal sistem saraf – dan membuat sinyal antar-sel saraf menjadi lebih efisien.

© Provided by Hello Health Group Pte. Ltd.

2. Membantu pertumbuhan

Zat mineral lain yang terkandung di dalam melinjo dan kulitnya adalah copper. Copper adalah zat mikro mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan, sehingga melinjo baik untuk anak-anak. Tidak hanya itu, manfaat kulit melinjo lainnya adalah membantu timbulnya masalah pada sistem otot dan tulang serta menjaga kesehatan jantung. Kekurangan copper dapat menyebabkan jaringan dan sel tubuh menjadi mati dan tidak berkembang. Oleh karena itu kulit melinjo baik untuk kesehatan.

3. Mengatur suhu tubuh

Tubuh mempunyai regulasi sendiri terhadap suhu tubuh. ketika lingkungan bersuhu dingin atau panas, maka tubuh akan secara otomatis menyesuaikan agar suhu tubuh tidak terganggu. Sedikit saja peningkatan atau penurunan suhu tubuh, mampu mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Melinjo dan kulitnya membantu tubuh untuk menjaga suhu untuk stabil. Manfaat kulit melinjo ini dibuktikan dengan dengan membantu mempertahankan fungsi metabolisme serta enzim agar tetap stabil di lingkungan yang memiliki suhu ekstrem.

4. Menjaga kesehatan kulit

Di dalam kulit melinjo, terdapat zat mineral seng yang mampu untuk meningkatkan sel darah putih. Hal ini tentu saja baik untuk mencegah peradangan serta mempercepat penyembuhan luka. Jerawat bisa menjadi luka di permukaan wajah, oleh karena itu melinjo dan kulitnya juga baik untuk mengatasi jerawat.

5. Memelihara kesehatan ginjal

Tidak hanya copper dan seng, kulit melinjo juga mengandung fosfor yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal. Melalui kandungan fosfornya, manfaat kulit melinjo yaitu untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengatur kadar garam dan lemak, serta membantu ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh.

Sumber : Helosehat

Comments

comments

Diar

Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *