4 Manfaat Makan Sirsak Saat Hamil

Sirsak atau yang bahasa latinnya disebut annona muricata adalah salah satu buah yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Buah ini berasal dari negara Karibia di Amerika Tengah. Untuk Anda yang sedang hamil, pasti pernah mendengar bahwa buah sirsak sangat dilarang untuk ibu hamil karena akan menyebabkan masalah dipersalinan. Apakah ini benar? Apakah boleh makan sirsak saat hamil?

Manfaat makan sirsak saat hamil

Buah sirsak biasanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Sirsak juga bisa diolah menjadi jus buah yang segar. Untuk ibu hamil, manfaat dari buah sirsak ini ternyata cukup banyak. Tidak seperti mitos yang selama ini berkembang, mengonsumsi buah sirsak dalam jumlah cukup selama kehamilan justru baik bagi kesehatan kehamilan. Apa saja manfaat makan sirsak saat hamil? Berikut 4 manfaatnya.

1. Mencegah mual di awal kehamilan

Buah sirsak memiliki rasa asam-asam manis, sangat cocok bagi ibu yang mengalami mual di awal kehamilannya. Rasa asam manis tersebut dapat merangsang produksi air liur sehingga rasa mual akan hilang setelah meminumnya. Adapun selain itu, rasa  manis dari buah sirsak juga bisa meningkatkan nafsu makan Anda. Bagi yang biasanya malas makan di awal kehamilan, minumlah jus dari buah ini untuk kembali berselera makan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat di dalam buah sirsak matang sangat banyak sekali. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas karena asap kendaraan atau sinar matahari. Bagi ibu hamil yang biasa beraktivitas di luar ruangan, makan buah sirsak saat hamil, setidaknya seminggu sekali sebagai pencuci mulut dapat mencegah sariawan dan panas dalam.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Masalah konstipasi atau susah buang air besar juga bisa diredakan secara alami menggunakan buah sirsak. Karena buah sirsak mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

4. Merangsang produksi ASI

Sama seperti daun katuk, buah sirsak juga bisa menstimulasi atau merangsang produksi ASI pada ibu hamil. Jika Anda ingin bayi Anda bisa langsung memperoleh kolostrum dari ASI yang keluar pertama kali, konsumsilah buah ini. Jangan biarkan bayi Anda menunggu hingga aliran ASI Anda lancar pasca persalinan. Persiapkan sejak dini dengan makan sirsak saat hamil di trimester kehamilan akhir.

Konsumsi buah ini secara berimbang dan jangan terlalu berlebihan. Konsumsi berlebihan selain bisa menyebabkan diare, juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah Anda. Seminggu sekali sudah cukup untuk Anda mendapatkan manfaatnya.
Sumber : HelloSehat

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *