10 Teknologi Canggih Buatan Orang Indonesia

Meski masih termasuk dalam kelompok negara-negara berkembang, namun ternyata orang-orang Indonesia juga mampu menciptakan banyak teknologi canggih di berbagai bidang. Bahkan, tidak sedikit di antara teknologi canggih buatan orang Indonesia itu yang telah dipatenkan dan mendapatkan pengakuan oleh dunia internasional, hingga digunakan di banyak negara asing. Apa saja teknologi canggih buatan orang Indonesia tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.


10Komputer Tablet Wakamini dan Wakatobi

teknologiindo9

Jika selama ini Anda menggunakan perangkat komputasi buatan orang asing, maka jangan salah sebenarnya juga ada komputer tablet yang 100 persen buatan Indonesia. Ada dua jenis komputer tablet asli Indonesia yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu, yakni Wakamini dengan ukuran 10 inchi dan Wakatobi berukuran 8,9 inchi. Soal kemampuannya, keduanya tidak kalah dengan buatan luar negeri, karena juga didukung dengan teknologi canggih.


9Mobil Arina-SMK

teknologiindo10

Beberapa waktu lalu, mobil buatan para pelajar Indonesia sempat hangat diperbincangkan di dalam negeri. Salah satunya berhasil adalah Mobil Arina-SMK, yang merupakan hasil kerja sama Armada Indonesia (Arina) dengan siswa-siswa SMK. Mobil buatan Indonesia ini dirancang dengan menggunakan mesin sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc. Menariknya, konsumsi bensin yang diperlukan hanya 1 liter untuk 40 km.


8Chipset Xirka

teknologiindo8

Para engineer Indonesia pernah membuat chipset dengan nama Xirka untuk layanan Wimax. Chipsetdengan kompleksitas sangat tinggi itu mulai dikembangkan pada tahun 2006, dan diluncurkan Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2008 dengan jenis chipset Xirka untuk Fixed Wimax, dan chipset Xirka untuk Mobile Wimax pada tahun 2009. Semua operator yang memberikan layanan Wimax, maka harus menggunakan chipset ini.


7Radar Pengawas Pantai

teknologiindo7

Coastal Surveillance Radar yang merupakan asli buatan para ilmuwan Indonesia yang bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini memiliki nama ‘Indonesia Sea Radar (ISRa)’. Radar ini sekarang memang banyak membantu dalam bidang transportasi, terutama transportasi laut. Namun, teknologi milik Indonesia ini juga bisa digunakan untuk membantu dalam bidang-bidang lainnya, termasuk di bidang pertahanan dan keamanan.


6Kontainer Limbah Nuklir

teknologiindo6

Kontainer berbentuk silinder dengan bahan titanium ini berguna untuk menyimpan limbah nuklir, misalnya dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), sebelum limbah tersebut diolah menjadi bahan yang aman atau didaur ulang. Sayangnya, teknologi hasil penemuan dari peneliti Universitas Gajah Mada ini belum terpakai di negeri sendiri, karena Indonesia belum memiliki PLTN, meski sudah memperoleh hak paten di Indonesia dan Amerika Serikat.


5Pondasi Cakar Ayam

teknologiindo5

Di bidang konstruksi dikenal nama Pondasi Cakar Ayam. Teknologi yang dapat memperkokoh sebuah bangunan itu ditemukan seorang ilmuwan Indonesia pada tahun 1961. Pondasi tersebut dapat mengurangi tekanan dari bobot bangunan di permukaan tanah hingga 75 persen dibanding dengan pondasi biasa. Saat ini, Pondasi Cakar Ayam sudah digunakan di sejumlah negara, di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Belanda, dan Inggris.


4Persamaan Matematika Helmholtz

teknologiindo4

Penemuan ini dilakukan oleh seorang dosen Institut Teknologi Bandung saat menempuh program pendidikan S3 di Delft University of Technology, Belanda pada tahun 2005 lalu. Dengan teknologi yang sudah mendunia ini, perusahaan-perusahaan minyak di dunia pun bisa menghemat waktu untuk menemukan sumber minyak di perut bumi. Tidak hanya itu, rumus ini juga bisa diaplikasikan pada teknologi kapal selam, penerbangan, dan sistem radar.


3Teknologi Sosrobahu

teknologiindo3

Teknologi kontruksi beton penyangga jalan layang ini merupakan penemuan lainnya dari ilmuwan Indonesia yang telah digunakan oleh banyak negara, di antaranya Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Dengan teknik ini, pembangunan jalan layang bisa dilakukan tanpa mengganggu arus lalu lintas. Bahu tiang jalan layang yang disebut ‘Sosrobahu’ ini mampu memutar beton seberat 480 ton hingga 90 derajat, dan bisa bertahan hingga satu abad.


2Pesawat N-250

teknologiindo2

Satu-satunya teknologi canggih buatan orang Indonesia berupa pesawat, yang diluncurkan pada tahun 1995 silam. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) (sekarang PT Dirgantara Indonesia) yang saat itu dikomandoi oleh mantan Presiden Indonesia BJ Habibie membuat rancangan pesawat regional komuter turboprop ini, dan kemudian dikerjakan 20 teknisi Indonesia. Pesawat yang bisa mengangkut 50-70 penumpang itu dinamakan ‘Gatotkaca’.


1Jaringan Telekomunikasi 4G

teknologiindo1

Teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) tengah mendunia saat ini, dalam perkembangan dunia telekomunikasi, yang telah banyak digunakan oleh produsen smartphone. Jaringan internet super cepat ini bisa membuat proses transfer data lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan teknologi 3G. Ternyata, sistem 4G ini merupakan teknologi canggih buatan Khairul Anwar yang ditemukan pada tahun 2010 lalu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *